Kualifikasi Piala Dunia 2022: Belanda Bekuk Latvia 2-0

Gol pertama Belanda dari Steven Berghuis Foto: AP/Peter Dejong

Amsterdam, Sumselupdate.com – Belanda lekas bangkit dari kekalahan atas Turki beberapa hari lalu. Menjamu Latvia, De Oranje menang dua gol tanpa balas.

Dalam lanjutan Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Eropa Grup G yang dihelat di Johan Cruyff ArenA, Minggu (28/3/2021) dini hari WIB, Belanda cukup kesulitan menembus pertahanan Latvia.

Bacaan Lainnya

Meski punya 37 attempts, hanya 11 yang mengarah ke gawang dan dua di antaranya jadi gol di masing-masing babak. Pencetaknya adalah Steven Berghuis dan Luuk de Jong.

Kemenangan ini membuat Belanda sementara naik ke posisi ketiga klasemen dengan tiga poin, unggul jumlah gol atas Norwegia di posisi keempat. Latvia di posisi kelima dengan nirpoin.

Jalannya pertandingan

Kedua tim sama-sama butuh kemenangan setelah kalah di pertandingan awal. Belanda menurunkan Luuk de Jong di lini depan bersama Memphis Depay dan Steven Berghuis, yang ditopang Gini WIjnaldum.

Belanda yang tampil menyerang sejak menit awal memang kesulitan untuk menciptakan gol. Pada menit keenam, Belanda nyaris saja unggul andaikan Igors Tarasovs tak menyapu bola tandukan De Jong tepat di garis gawang.

Davy Klaassen yang dimainkan bareng Frenkie de Jong sebagai double pivot juga sesekali membantu penyerang. Belanda terus menekan pertahanan Latvia dengan crossing atau lewat umpan-umpan pendek di lini tengah, tapi Latvia masih sulit ditembus.

Di menit ke-16, Berghuis punya kans bikin gol andaikan sepakannya meneruskan umpan terukur Memphis tak melebar. Berghuis tak membuang peluang pada menit ke-32 untuk membawa Belanda unggul.

Serangan yang dibangun dengan rapih diakhiri Klaesen dengan umpan pendek ke Berghuis di depan kotak penalti. Dari jarak 20 yard, Berghuis menembak bola ke pojok atas tanpa bisa dihalau Roberts Ozols di bawah mistar Latvia.

Memphis punya kans memperbesar keunggulan Belanda pada menit ke-36 ketika memainkan umpan 1-2 dengan Owen Wijndal. Sayang, bola tembakan Memphis melenceng tipis.

Hingga turun minum, Belanda tetap memimpin dengan skor 1-0. Pada babak kedua, Belanda lagi-lagi menemui kesulitan untuk dapat merangsek ke pertahanan Latvia.

Pada menit ke-56, Belanda membuat kemelut di depan gawang Latvia saat tandukan Matthijs de Ligt bisa ditepis kiper Ozols. Namun, bola dengan cepat dihalau lagi oleh barisan belakang tim tamu.

Belanda mendapat gol keduanya pada menit ke-68. Dari sepak pojok Memphis, bola mengarah ke kotak penalti dan ada Luuk de Jong yang menanduknya di depan gawang untuk mengubah skor jadi 2-0.

Memphis lagi-lagi gagal memaksimalkan peluang yang didapat. Pada menit ke-83, bola tendangannya dapat digagalkan Ozols. Pada menit ke-84, De Jong membawa bola sampai ke kotak penalti, tapi tembakannya melebar.

Latvia mendapat peluang semenit kemudian ketika Andrejs Ciganiks melepaskan sepakan voli di kotak penalti dan memaksa Krul susah payah menepisnya.

Pertandingan tuntas dengan skor 2-0 untuk kemenangan Belanda.

Susunan pemain

Belanda: Tim Krul; Denzel Dumfries, Matthijs de Ligt, Daley Blind, Owen Wijndal; Davy Klaassen (Ryan Gravenberch 79′), Frenkie de Jong; Steven Berghuis (Calvin Stengs 84′) Georginio Wijnaldum (Donny van de Beek 79′), Memphis Depay (Steven Bergwijn 89′); Luuk de Jong (Ryan Babel 79′).

Latvia: Roberts Ozols; Vladislavs Fjodorovs, Antonijs Cernomordijs, Igors Tarasovs, Raivis Andris Jurkovskis (Vladislavs Gutkovskis 46′); Vladimirs Kamess, Arturs Zjuzins (Kriss Karklins 46′), Kristers Tobers, Andrejs Ciganiks (Aleksandrs Solovjovs 86′); Janis Ikaunieks (Raimonds Krollis 88′), Roberts Uldrikis.(dtc/adm5)

Yuk bagikan berita ini...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.