KPU OKU Bentuk Relawan Demokrasi, Ini Tujuannya

Logo KPU

Baturaja, sumselupdate.com  – Guna mendongkrak angka partisipasi masyarakat dalam Pemilihan Umum Presiden dan Legislatif 2019, KPU OKU akan segera membentuk relawan Demokrasi guna membantu KPU dalam menyosilisasikan Pemilu kepada masyarakat luas.

Hal ini diungkapkan oleh Doni Mardianto, SH selaku anggota KPU OKU Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Partisiasi Masyarakat dan SDM, didampingi oleh Rahmat Hidayat, Shi, selaku Divisi Perencanaan Data dan Informasi kepada wartawan.

Bacaan Lainnya

Menurutnya, sebanyak 55 orang dibutuhkan untuk ikut serta berperan aktif sebagai Relawan Demokrasi dalam menyosialisasikan Pemilu 2019 guna meningkatkan partisipasi masyarakat.

“Mereka inilah nantinya yang akan diharapkan dapat membantu kami sebagai penyelenggara pemilu dalam menyosialisasikan Pemilu kepada masyarakat luas,” kata Doni kepada wartawan, Kamis (10/1/2019).

Dijelaskannya, berdasarkan surat dari KPU RI nomor 32/PP.08-SD/06/KPU/I/2019 tentang pembentukan relawan demokrasi pemilu serentak 2019. Yang mana nantinya para relawan Demokrasi akan ditugaskan selama 3 bulan kedepan untuk mensosialisasikan Pemilu 2019.

“Diharapkan dengan adanya relawan Demokrasi ini dapat meningkatkan partisipasi masyarakat untuk menggunakan hak politik mereka dalam menentukan pemimpin ke depan melalui pemilihan Presiden dan Legislatif,” ucap Doni.

Lebih lanjut dikatakan Doni, kriteria calon relawan demokrasi tentunya orang yang memiliki kemampuan dalam melakukan sosialisasi baik terhadap lingkungan sekitar maupun organisasi serta komunitas yang diikuti.

“Yang terpenting mampu memyosilasisaikan melalui media sosial,” katanya.

“Yang diutamakan sebagai calon relawan demokrasi, mereka memiliki komunitas baik itu komunitas di media sosial, maupun komunitas tertentu seperti komunitas keagamaan, disabilitas maupun komunitas lainnya. Sehingga relawan itu sendiri dapat menyosialisasikan tentang Pemilu serentak 2019,” timpal Rahmad Hidayat.

Dibeberkan Rahmad, persyaratan calon relawan Demokrasi minimal berusia 17 tahun dan melengkapi berkas, di antaranya, Fotokopy KTP, Izajah minimal SMA sederajat, phas Foto 4×6 sebanyak 4 lembar, surat pernyataan tidak menjadi anggota Parpol dalam kurun 5 tahun terahir, surat pernyataan kesediaan menjadi relawan Demokrasi, surat keterangan terdaftar sebagai pemilih dari PPS, surat pernyataan tidak pernah dipidana, surat pernyataan bukan bagian dari penyelenggara pemilu, Daftar riwayat Hidup.

“Para relawan akan mendapatkan honor perbulan sebagai bentuk apresiasi KPU. Pendaftaran di tutup paling lambat 17 Januari,” pungkasnya. (wid)

Yuk bagikan berita ini...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.