KPU Muba Sosialisasikan Aplikasi ‘Silon’

Sosialisasi Aplikasi Silon pada Pemilukada Muba.

Sekayu, Sumselupdate.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Musi Banyuasin menggelar sosialisasi Sistem Aplikasi Calon Perseorangan (Silon). 

Kegiatan tersebut  diikuti tim dari pasangan masing-masing pasangan independen yakni tim Amiri Arifin dan tim dari Ahmad Syaukie.

Bacaan Lainnya

Ketua  KPU Muba, H Achmad Firdaus Marvel’s  mengatakan, tujuan diadakan sosialisasi aplikasi Silon ini dibuat untuk mempermudah pasangan calon, terutama calon perseorangan, dan penyelenggara pemilu untuk mengecek keabsahan data.

“Jadi memudahkan mereka para calon dan kami. Silon ini menjadi pintu untuk membuka ke publik soal data-data calon,” ujar dia, saat ditemui di kantor KPU Jalan Merdeka, Sekayu, Selasa (2/8). 

Menurut dia, aplikasi Silon merupakan bentuk transparasi dan upaya KPU dalam membangun integritas serta kualitas proses pemilu. Proses itu mulai dari pendaftaran calon, verifikasi faktual calon, sampai penetapan dan publikasi calon-calon itu sendiri.

Firdaus mengatakan, hal ini juga mempermudah KPU karena dalam waktu singkat tidak mungkin melakukan pengecekan data secara manual.

“Di tahap administrasi, untuk pengecekan saja diperlukan bantuan sistem. Lalu, baru di verifikasi faktual satu persatu dan butuh waktu sampai dua minggu. Tapi untuk pengecekan awal dan cepat, kami bisa lakukan dengan sistem ini,” kata dia.

Lebih lanjut dijelaskan, pasangan calon tetap harus menyerahkan data yang sama dalam bentuk fisik sebagai persayaratan pencalonan kepada KPU.

“Iya, tetap sebagai persyaratan. Data yang di aplikasi ini ‘kan (hanya-red) untuk mempermudah kerja kami dan mudah diakses saja,” tambah dia. (est)

 

Yuk bagikan berita ini...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.