KPU Berharap 9 Desember Libur Nasional Hari Pencoblosan

Ilustrasi Pilkada Serentak Rawan Corona

Jakarta, Sumselupdate.com – Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Hasyim Ashari mengatakan 9 Desember 2020 bakal menjadi hari libur nasional. Di mana pada hari itu juga merupakan pelaksanaan Pilkada serentak di 270 daerah pemihan.

Hasyim berujar libur nasional memang telah terbiasa diterapkan di setiap agenda pelaksanaan pemilihan umum. Nantinya, kata dia, Presiden Joko Widodo segera menerbitkan Kepres terkait hari libur nasional.

Bacaan Lainnya

“Pada hari pemungutan suara sebagaimana diamanahkan undang-undang dilaksanakan pada hari libur atau diliburkan. Sebagaimana yang sudah-sudah di Pilkada 2015, 2017, 2018. Nanti akan diterbikan kepres tentang libur nasional,” kata Hasyim dalam rapat dengan Komisi II DPR, Rabu (18/11/2020) seperti dikutip dari laman suara.com.

Hasyim melanjutkan libur nasional itu tidak hanya diterapkan di 270 daerah yang menyelenggarakan Pilkada. Melainkan berlaku di seluruh wilayah Indonesia.

Ia pun berharap dengan diliburkan, tingkat partisipasi pemilih yang ditargetkan 77,5 persen dapat tercapai.

“Kalau libur nasional artinya di seluruh Indonesia, tidak hanya di daerah Pilkada tapi di seluruh Indonesia. Semoga akan menjadi faktor pendorong juga untuk hadir di pemungutan suara 9 Desember,” kata Hasyim. (adm3/sur)

Yuk bagikan berita ini...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.