Korsleting Listrik Diduga Picu Kebakaran di Jalan Kadir TKR Palembang

Penulis: - Selasa, 30 Januari 2024
Dua unit rumah yang berada di kawasan padat penduduk di Jalan Kadir TKR, Kelurahan Karang Anyar, RT 37, Kecamatan Gandus, Kota Palembang hangus dilalap si Jago Merah, Selasa (30/1/2024) pagi.

Palembang, Sumselupdate.com – Kebakaran hebat melanda dua rumah berbahan kayu di Jalan Kadir TKR, Lorong Family, Kelurahan Karang Anyar, Kecamatan Gandus, Palembang, Selasa (30/01/2024) pagi sekitar pukul 08:00 WIB. Api diduga berasal dari korsleting listrik di salah satu rumah, kemudian menjalar ke rumah lain yang berdekatan.

Salah satu korban, Sundari (60), mengaku saat itu sedang memasak di dapur, ketika mendengar suara api dari kamarnya. Ia pun langsung berteriak minta tolong, namun api sudah membesar dan menyebar ke rumah tetangganya, Taufik (58).

“Sepertinya korsleting, sebab gak ada suara ledakan terdengar,” ujar Taufik.

Taufik mengatakan bahwa ia baru menyadari adanya kebakaran setelah mendengar teriakan Sundari. Ia pun berusaha menyelamatkan barang-barang pentingnya, seperti ijazah dan surat-surat, namun sepeda motornya ikut terbakar.

Advertisements

“Hanya ijazah dan surat-surat penting lainnya yang selamat, dan motor lainnya ikut terbakar,” kata Taufik.

Kedua rumah itu nyaris rata dengan tanah, hanya menyisakan rangka kayu yang menjadi arang. Satu rumah lain yang terdampak hanya bagian dapur yang terbakar.

Untuk memadamkan api, ada tujuh unit mobil pemadam kebakaran yang dikerahkan ke lokasi, dengan dibantu warga yang menggunakan peralatan seadanya. Api berhasil dipadamkan dalam waktu sekitar 30 menit.

Kapolsek Gandus, AKP Irwan Sidik SH, yang datang ke lokasi, membenarkan ada tiga rumah yang terdampak kebakaran. “Ada tiga yang terdampak, tapi yang habis itu dua rumah milik ibu Sundari dan Bapak Taufik,” ucapnya.

Irwan Sidik juga memastikan tidak ada korban jiwa maupun luka akibat kebakaran tersebut. Ia mengimbau warga untuk lebih berhati-hati dalam menggunakan alat-alat listrik, dan selalu memeriksa instalasi listrik di rumah mereka.

Akibat kebakaran ini, arus lalu lintas di Jalan Kadir TKR juga terganggu, karena banyak pengendara yang melambat dan warga yang berhamburan keluar rumah. Petugas kepolisian pun berjaga-jaga untuk mengatur lalu lintas dan menghindari kemacetan.(**)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.