Komisi V DPRD Sumsel Sesalkan Maraknya Kartu BPJS Palsu

Wakil Ketua Komisi V DPRD Sumsel, Anita Noeringhati
Palembang, Sumselupdate.com – Terkait adanya pemberitaan kartu BPJS palsu, pihak Komisi V DPRD Sumsel hingga saat ini mengaku belum mendapat laporan. Bahkan pihaknya menilai terjadinya pemalsuan kartu tersebut dikarenakan masih kurang paham dan tahunya masyarakat jika ingin membuat BPJS itu sendiri secara baik dan benar atau bisa dibilang masih belum maksimalnya sosialisasi.
Menurut Wakil Ketua Komisi V DPRD Sumsel, Anita Noeringhati, terjadinya adanya pemalsuan kartu BPJS itu tidak murni bisa menyalahkan pihak BPJS saja. Namun bisa saja dikarenakan makin banyaknya LSM atau organisasi tentang kesehatan yang dapat membantu mengurus membuat BPJS tersebut.
“Kita menyesalkan adanya kartu BPJS palsu. Namun intinya, hal ini dapat terjadi itu karena masyarakat yang masih kurang banyak tahu mengenai bagaimana cara membuat kartu BPJS secara baik dan benar. Sosialisasi terhadap BPJS itu sendiri dirasakan hingga saat ini masih belum maksimal,”  katanya, Senin (1/8).
Menurutnya, masyarakat yang tidak atau kurang mengerti dalam membuat BPJS itu juga maunya membuat dengan cara yang mudah. Nah itulah juga bisa jadi peluang kejahatan. Manakala masyarakat tidak mengerti timbullah kesempatan.
Ketika ditanya bagaimana solusi agar tidak terjadi tindak pemalsuan itu, di katakan Anita, salah satu cara paling jitu yakni dengan terus melakukan sosialisasi kepada semua kalangan masyarakat hingga ke tingkatan terbawah.
” Mengantisipasi yakni sosialisasi lebih maksiml dan terus dilakukan. Dan memang tidak hanya tanggung jawab Dinkes tapi ke tingkatan bawah juga harus berperan agar masyarakat paham hingga bantuan perangkat terbawah seperti Ketua RT harus turut berpartisipasi dalam mensosialisasikan itu,” katanya.
Namun menurutnya sampai sekarang belum ada pengaduan adanya kartu BPJS kepada Komisi V DPRD Sumsel. (ery)
Yuk bagikan berita ini...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.