Kodam II Sriwijaya Matangkan Rencana Kesiapan TMMD ke-96

Pangdam II/Swj Mayjen TNI Purwadi Mukson, SIP

Palembang, Sumselupdate.com – Pangdam II/Swj Mayjen TNI Purwadi Mukson, SIP memimpin rapat kesiapan pelaksanaan TMMD ke-96 Tahun 2016 dan rencana pencanangan desa bersih narkoba.

Acara ini juga merupakan sebagai sarana untuk mengkoordinasikan secara teknis guna mematangkan rencana kesiapan TMMD Ke-96 agar memperoleh hasil yang optimal dan maksimal dalam pelaksanaan kegiatan TMMD ke-96 nantinya di wilayah Kodam II Sriwijaya.
Kegiatan tersebut dilaksanakan di Gedung Sudirman Makodam II/Swj Jl. Jend. Sudirman Km. 2,5 Palembang, Kamis (31/3).

Pada kesempatan tersebut, Pangdam II/Swj mengatakan, TMMD tahun ini merupakan perwujudan dari sinergitas program TNI AD dengan program Kemensos RI, terkait dengan penanganan berbagai permasalahan sosial yang saat ini marak berkembang ditengah masyarakat terutama rencana pencanangan desa bersih narkoba.

Hal tersebut merupakan implementasi dari, komitmen TNI AD dalam memberantas narkoba membantu pemerintah untuk ikut membangun bangsa dan Negara bersama komponen bangsa lainnya.

”Melihat besarnya manfaat TMMD, yang telah dilaksanakan selama ini, maka menjadi kewajiban dan tanggung jawab kita semua untuk bersama-sama mensukseskannya. Oleh karena itu, kerja sama, sinergitas, koordinasi dan keterpaduan antara pihak yang terkait sangat diperlukan guna memperlancar suksesnya pelaksanaan program TMMD,” tandas Pangdam.

Pelaksanaan TMMD ke 96 kali ini tetap dititik beratkan pada sasaran fisik dan sasaran non fisik. Adapun sasaran fisik berupa pembangunan infrastruktur dan sarana dan prasarana di daerah pedesaan.

Ssedangkan sasaran non fisik yaitu berupa penyuluhan-penyuluhan sosial bagi masyarakat daerah pedesaan terutama penyuluhan dan pencanangan desa bersih narkoba yang menjadi sasaran TMMD.

Perlu diketahui bahwa, pelaksanaan TMMD-96 yang akan dilaksanakan secara serentak di 6 wilayah kabupaten/kota wilayah Kodam II/Swj mendatang, antara lain; di wilayah Kodim 0408/BS dilaksanakan di Desa Pdg Serasan, Kecamatan Pino Raya, Kabupaten Bengkulu Selatan dan Desa Tanjung Aur II, Kecamatan Pino Raya, Kabupaten Bengkulu Selatan tahun. 2016 dengan pembuatan pembukaan badan jalan yang menghubungkan antardesa.

Di wilayah Kodim 0420/Sarko dilaksanakan di Kabupaten Sarolangun, Kecamatan Air Hitam dengan kegiatan; pembukaan jalan baru sampai dengan pengerasan sebagai jalan poros sepanjang 3.350 m x 8 meter, pembuatan jalan rabat beton sepanjang 2.000 m x 1,5 m dan 1 unit box culvert dengan ukuran tinggi 2.5 m x lebar 2.5 m dan panjang 7 m dan 1 unit gorong2 panjang 8 meter.

Di wilayah Kodim 0411/Lampung Timu, dilaksanakan di Desa Dono Mulyo, Kecamatan Bumi Agung, Kabupaten Lampung Timur dengan kegiatan; pembuatan Onderlagh Jalan 3 x 1.600 m², Jembatan ukuran 4 x 8 & ukuran 6 x 8 m² : 2 unit dan Pembuatan Pagar Masjid ukuran 1 x 17 m : 1 unit dan mewujudkan desa bebas narkoba.

Di wilayah Kodim 0422/Lampung Barat, di laksanakan di Pekon Campang Tiga Kec. Batu Ketulis Kab. Lampung Barat dengan kegiatan ; pembuatan gorong – gorong 2,5 m x 2,5 m x 5 m sebanyak 2 unit, pembuatan jembatan 4 M X 2,5 M X 4 M sebanyak 2 unit, pembuatan Pos Kamling sebanyak 2 unit, rehab mushollah, pembuatan MCK, dan tempat wudhu’

Di wilayah Kodim 0403/OKU dilaksanakan di Desa Lubuk Rukan, Kecamatan Peninjauan, Kabupaten OKU dengan kegiatan; pembuatan jembatan gantung sepanjang 130 M dengan lebar 2 M yang menghubungkan Dusun I dan Dusun IV di Desa Lubuk Rukam, Kecamatan Peninjauan, OKU, dan pembuatan jembatan penghubung.

Kemudian di wilayah Kodim 0405/Lahat dilaksanakan di Desa Keban Agung dan Desa Danau Belidang, Kecamatan Mulak Ulu, Kabupaten Lahat dengan kegiatan; pembukaan jalan baru Desa Keban Agung dan Desa Danau Belidang, Kecamatan Mulak Ulu, Kabupaten Lahat dengan panjang ± 2.8 km dan lebar 6 meter.  Jembatan W 10 sebanyak 2 unit, plat duiker 2 unit, jamban keluarga 10 unit, rehab masjid 1 unit, dan pembuatan pos kamling 2 unit.

Sebagai Penanggungjawab Keberhasilan Operasi (PKO) TMMD, Pangdam mengharap pelaksanaan TMMD Ke-96 yang akan dilaksanakan secara serentak di 6 wilayah kabupaten/kota wilayah Kodam II/Swj dapat berjalan dengan lancar dan sukses serta mencapai sasaran yang diharapkan.

Acara juga disi dengan paparan para Dandim yang wilayah menjadi tempat sasaran TMMD Ke-96 dan paparan Aster Kasdam II/Swj Letkol Inf Deni Marthen Rihi tentang rencana pencanangan desa bersih narkoba, dilanjutkan sesi tanya jawab.

Hadir pada acara tersebut Irdam II/Swj Kolonel Inf Suko Basuki, Para Bupati atau yang mewakili, Para Kepala Dinas Pekerjaan Umum, Para Kepala BPMPD, Para Asisten Kasdam II/Swj, Para Dan/Ka Balakdam II/Swj serta para tamu undangan lainnya. (ril)

Yuk bagikan berita ini...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.