Ketua PDPM OKU: Jangan Ragukan Nasionalisme Pemuda Muhammadiyah

Pengurus Daerah Pemuda Muhammadiyah (PDPM) Kabupaten Ogan Komering Ulu

Laporan Armiziwadi

Baturaja, Sumselupdate.com – Pengurus Daerah Pemuda Muhammadiyah (PDPM) Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) Provinsi Sumatera Selatan meminta semua pihak tak meragukan sikap nasionalisme Pemuda Muhammadiyah dalam menyikapi persoalan bangsa.

Bacaan Lainnya

Hal ini disampaikan Ketua Pemuda Muhamadiyah OKU Ahmad Arofik, SIP, usai dilantik, pada Minggu (18/10/2020) di Pendopo Rumah Dinas Bupati OKu.

“Pemuda Muhammadiyah sudah lahir sejak bangsa Indonesia merdeka. Jadi rekam jejak kader Pemuda Muhammadiyah masih tampak, karena ikut andil dalam merebut kemerdekaan,” tegasnya.

Rofik menambahkan, saat ini Kabupaten OKU sendiri tengah menghadapi proses Pemilihan Kepala Daerah di tengah pandemi Covid-19. Untuk itu, semua pihak terutama Pemuda Muhamadiyah diminta untuk memberikan edukasi yang baik kepada masyarakatagar tidak percaya berita hoax yang dapat memecah belah masyarakat.

“Ini tugas kita pemuda saat ini untuk memberikan edukasi yang baik apalagi menjelang Pilkada ini. Di masa pandemi ini, semua pihak hendaknya sama-sama memberikan ketenangan kepada masyarakat,” urainya.

Sementara itu Ihsan Jauhari, SE, MSi, ketua Pimpinan Wilayah Pemuda Muhammadiyah Sumatera Selatan menuturkan, saat ini tak dapat dipungkiri jika masyarakat tengah hidup di mana kebohongan dan emosional lebih dikedepankan daripada fakta.

Oleh karena itu, katanya, Pemuda Muhammadiyah harus bisa menjadi garda terdepan mengajak masyarakat agar tak terjebak pada berita-berita hoax dan sebagainya.

“Sampai saat ini hoax tersebut masih terus terjadi, tak bisa kita pungkiri karena kita memang hidup di era ini. Namun kita bisa melakukan satu hal kecil, dengan menolak segala bentuk informasi yang tidak memiliki dasar,” ujarnya.

Ia berharap pemuda Muhammadiyah menjadi organisasi pelopor dan menjaga integritas, produktif dan partisipan dalam memberantas hoax. Apalagi menjelang pilkada di OKU situasi politik yang tak menentu dan bisa berubah kapan saja, Pemuda Muhammadiyah mempunyai cara suksesi agar tak mengarah pada sikap kontra produktif.

“Masa pandemi ini kita hendaknya berupaya agar semua terbebas dengan cara saling menolong. Sesuai dengan tema muktamar Muhammadiyah di Makasar lalu yang mana kita harus tolong menolong sesama anak negeri. Bukan saling menjerumuskan maupun melakukan kegiatan yang dapat merugikan diri sendiri,” kata Ihsan.

Pelantikan pengurus Pimpinan Daerah pemuda Muhammadiyah OKU juga di hari PJ Bupati OKU Muhammad Zaki Aslam, Ketua DPRD OKU Marjito Bachri, Ketua Pengurus Daerah Muhammadiyah (PDM) OKU yang di wakili H Gufron SKM, Forkopimda dan Organisasi kepemudaan lainnya.

Wakil Ketua PDM OKU H Gufron SKM, menyampaikan Pemuda Muhamadiyah merupakan organisasi otonom Muhammadiyah yang diharapkan menjadi generasi penerus perjuangan pendiri Muhammadiyah.

“Kami sangat bangga dengan pemuda Muhammadiyah saat ini yang dapat bersinergi dengan Pemerintah Daerah. Kami hanya berpesan mari kita jaga Marwah Muhamadiyah ini,” ujarnya.

Sementara itu, Pj Bupati OKU Muhammad Zaki Aslam berpesan agar pemuda Muhammadiyah dapat membantu pembangunan di OKU. Menurutnya peran Muhammadiyah membangun negeri ini sudah tak diragukan lagi mulai bidang pendidikan, sosial dan kesehatan.

“Kehadiran Muhamadiyah sudah menorehkan sejarah, perannya di dunia pendidikan, sosial dan kesehatan sudah tak diragukan lagi. Oleh karena itu pemuda Muhammadiyah OKU kita harapkan dapat membantu pembangunan di OKI sesuai dengan bidang masing-masing,” tutupnya. (**)

Yuk bagikan berita ini...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.