Ketua Dewan Pers Ingatkan Wartawan yang Menjadi Timses  

Rabu, 20 September 2023
Ketua Dewan Pers Dr Ninik Rahayu menyampaikan materi dalam Workshop Peliputan Pemilu 2024 di Arya Duta Hotel Palembang, Rabu (20/9/2023).

Laporan: Edwar Heryadi

Palembang, Sumselupdate.com – Dewan pers mengingatkan wartawan yang memutuskan menjadi tim sukses (timses) salah satu calon dalam Pemilu 2024, untuk mundur atau cuti dari dunia pers.

Bacaan Lainnya

Pernyataan ini dikemukakan Ketua Dewan Pers Dr Ninik Rahayu dalam kegiatan Workshop Peliputan Pemilu 2024 di Arya Duta Hotel Palembang, Rabu (20/9/2023).

Dalam Workshop Peliputan Pemilu 2024 yang dihadiri Ketua PWI Sumsel Dr Firdaus Komar dan puluhan wartawan di Sumsel menghadirkan nara sumber Ketua KPU Provinsi Sumatera Selatan, Amrah Muslimin dan Ketua Bawaslu Sumsel, Kurniawan.

Ninik Rahayu mengatakan penting bagi wartawan menjaga etika ketika menjadi timses. Sebab jika tidak mundur atau cuti, maka dikhawatirkan pemberitaannya yang dihasilkan rawan terjadi conflict of interest atau konflik kepentingan.

Ninik juga mengingatkan insan pers menghindari pemberitaan yang bertujuan memobilisasi massa atau mendukung dan tidak mendukung salah satu calon.

Pada kesempatan tersebut, Ninik berharap semua pihak baik itu penyelenggara Pemilu, partai politik, pemerintah hingga aparat hukum untuk tidak pelit memberikan informasi kepada insan pers.

Hal tersebut menurut Ninik penting, karena masyarakat membutuhkan informasi yang valid dan terverifikasi dari wartawan. (**)


Bantu Kami untuk Berkembang

Mari kita tumbuh bersama! Donasi Anda membantu kami menghadirkan konten yang lebih baik dan berkelanjutan. Scan QRIS untuk berdonasi sekarang!


Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.