Kepergok Gondol Motor, Penangkapan Pelaku Curanmor di OKU Timur Berjalan Dramatis

Tersangka Heri Yadi diamankan di Mapolsek SS III, Kabupaten OKU Timur, Sumsel, Sabtu (30/5/2020).

Laporan Rahmat Agusman

Martapura, Sumselupdate.com – Aksi pencurian sepeda motor (curanmor) di Desa Karang Mulya, Kecamatan Semendawai Timur, Kabupaten OKU Timur, Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) dengan cara masuk ke dalam rumah dan merusak dinding dapur yang terbuat dari anyaman bambu, akhirnya berhasil digagalkan.

Bacaan Lainnya

Satu dari dua pelaku berhasil diamankan. Penangkapan tersangka Heri Yadi (35), warga Desa Mangsang, Kecamatan Bayung Lencir, Kabupaten Muba, berjalan cukup dramatis.

Lebih dari sepuluh jam bersembunyi di areal perkebunan lantaran akses jalan keluar desa ditutup warga, pelaku curanmor ini akhirnya menyerah di tangan warga dan petugas.

Sedangkan rekannya Muhammad alias Mamad (35), warga Desa Lubuk Makmur, Kecamatan Lempuing Jaya, Kabupaten OKI berhasil melarikan diri.

Kapolres OKU Timur AKBP Erlin Tangjaya, SH, SIK melalui Kapolsek SS III Iptu Johan Syafri didampingi Kasubag Humas Iptu Yuli mengatakan peristiwa curanmor itu terjadi pada Jumat (29/5), sekitar pukul 03.00 WIB.

Pelaku masuk ke rumah korban dengan cara merusak dinding rumah yang terbuat dari geribik. Kemudian membuka pintu dapur dan berhasil mengambil satu unit sepeda motor dalam kondisi terkunci stang.

“Melihat sepeda motor dalam kondisi terkunci stang, kedua pelaku menyeret sepeda motor ke arah jalan melalui samping rumah korban dan membuka paksa kunci stang dengan cara memukul dengan kayu bulat,” ujar Iptu Johan Syafri kepada awak media, Sabtu (30/5).

Ternyata menurut Kapolsek, korban mendengar dari dalam rumah saat stang sepeda motornya dipukul dengan balok kayu.

Mendengar suara mencurigakan, korban mengintip dari jendela samping rumahnya. Setelah memastikan apa yang terjadi, korban dengan sekuat tenaga langsung berteriak maling sambil keluar melalui pintu depan dan mengejar kedua pelaku.

Mendengar teriakan korban warga langsung keluar rumah dan langsung memblokir jalan kedua pelaku yang melarikan diri terpisah ke arah perkebunan karet.

“Pelakunya berhasil melarikan diri masuk ke dalam perkebunan karet sementara warga masih memblokir jalan untuk berjaga-jaga supaya pelaku tidak bisa keluar dari Desa Karang Mulya,” tegasnya.

Setelah mendapat informasi tersebut, anggota Opsnal mendatangi TKP untuk melakukan penangkapan terhadap pelaku yang diperkirakan masih bersembunyi di areal perkebunan karet dan langsung melakukan penyisiran di areal perkebunan.

“Sekitar pukul 08;00 ditemukan laki laki yang tidak dikenal di pinggir sungai dengan menggunakan celana pendek warna hitam dan baju kaos warna biru dalam keadaan basah oleh salah satu warga yang hendak berangkat ke sawah,” ujar Kapolsek.

“Setelah diinterogasi laki-laki tersebut mengakui bahwa telah melakukan pencurian bersama satu orang temannya yang berhasil melarikan diri, kemudian pelaku dan barang bukti langsung dibawa ke Polsek SS III untuk dilakukan proses penyidikan lebih lanjut,” pungkasnya. (**)

 

Yuk bagikan berita ini...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.