Kembali, Cakades Nomor Urut 2 Dan 4 ‘Draw’

Suasana penghitungan ulang Cakades
Muratara, Sumselupdate.com – Kembali, Calon Kepala Desa (Cakades) di Desa Lubuk Kemang, Kecamatan Rawas Ulu, Kabupaten Muratara dengan nomor urut 2 atas nama M Sopli dan nomor 4 Suharto terjadi draw. Pasalnya dilakukan penghitungan ulang, karena pada saat pemilihan kepala desa secara serentak beberapa pekan lalu terjadi draw.
Ketua panitia kabupaten sekaligus Kepala BPMPD-K Kabupaten Muratara Suhardiman mengatakan bahwa panitia kabupaten menjadi fasilitator membantu panitia desa untuk melakukan penghitungan ulang pada kotak suara dan ternyata hasilnya sama dengan penghitungan pada waktu itu.
“Hari ini (kemarin-red) semua sudah selesai dilakukan penghitungan ulang dan hasilnya sama. Kami (panitia kabupaten) hanya menjadi fasilitator,” katanya, usai penghitungan surat suara.
Menurutnya, draw terjadi antara nomor urut 2 dan 4 dan untuk tindak lanjutnya sesuai dengan Peraturan Bupati (Perbup) untuk melakukan penentuan pemenang. Sedangkan tahapan untuk hitung ulang sudah dilakukannya.
“Penentu pemenang berdasarkan Perbup pasal 50 ayat 3 yang berbunyi dalam hal jumlah calon terpilih yang memperoleh suara terbanyak yang sama lebih dari 1 calon pada desa dengan TPS hanya 1 (satu), calon terpilih ditetapkan berdasarkan wilayah tempat tinggal dengan jumlah pemilih terbesar,” jelasnya.
Sedangkan, ketua panitia Eko Suroso melalu anggotanya Tanzil mengatakan bahwa sudah selesai dilakukan penghitungan ulang dan hasilnya sama persis dengan penghitungan beberapa waktu lalu (5 September 2016).
Alhamdulillah, berjalan lancar dan sesuai dengan harapan bersama. Hasilnya kembali draw, untuk tindak lanjutnya sesuai dengan Perbup,” pungkasnya singkat.
Diketahui jumlah penghitungan di Desa Lubuk Kemang tersebut nomor urut 1 atas nama Irwanto dengan perolehan suara 232 sedangkan urut 2 atas nama M Sopli 307,dan urut 3 Martawi memproleh 149 sedangkan urut 4 atas nama Suharto juga 307 dan terakhir urut 5, M. Tamrin 105. (Ain)
Yuk bagikan berita ini...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.