Kelurahan Sidakersa OKI Juara Midang Morgesiwe 2023

Rabu, 26 April 2023
Wabup OKI HM Dja'far Shodiq pada saat menutup sekaligus menyerahkan penghargaan Midang 2023 kepada kelurahan yang menjadi juara di Pendopoan Rumah Dinas Bupati OKI, Selasa (25/4/2023).

Laporan: Syakbanudin

Kayuagung, Sumselupdate.com – Pagelaran Midang Bebuke Morgesiwe tahun 2023 sukses digelar. Kemeriahan acara yang kental akan adat istiadat budaya masyarakat Kecamatan Kayuagung OKI tersebut diselenggarakan selama dua hari (Idul Fitri hari ketiga dan keempat).

Bacaan Lainnya

Pada gelaran Midang tahun ini Kelurahan Sidakersa berhasil menyabet Juara 1 sebagai Kelurahan terbaik berdasarkan penilaian dari para dewan juri.

“Acara midang ini merupakan ajang pelestarian budaya untuk memperkenalkan pakaian adat, baik adat perkawinan maupun tradisi keseharian masyarakat suku Kayuagung secara turun temurun. Kami tentunya menyambut baik kegiatan midang bebuke ini setelah 3 tahun tidak terlaksana akibat pandemi Covid-19,” ujar Wabup OKI HM Dja’far Shodiq pada saat menutup sekaligus menyerahkan penghargaan Midang 2023 kepada kelurahan yang menjadi juara di Pendopoan Rumah Dinas Bupati OKI, Selasa (25/4/2023).

Wabup Shodiq mengatakan pelaksanaan Midang ini akan kembali rutin dilaksanakan setiap tahun sebagai upaya pelestarian adat budaya dan promosi wisata yang ada di Bumi Bende Seguguk.

“Kami mengajak untuk para pemuda-pemudi untuk terus dapat menjaga, melestarikan, dan mempromosikan keragaman budaya dan pariwisata yang dimiliki Kabupaten Ogan Komemring Ilir, termasuk Midang ini agar semakin dikenal oleh para wisatawan,” pungkas Wabup Shodiq.

Midang tahun ini tampak lebih meriah. Pada gelaran hari pertama sebanyak enam kelurahan, yaitu Kutaraya, Cintaraja, Paku, Mangun Jaya, Jua-jua, dan Kayuagung Asli dan di hari kedua diikuti lima kelurahan meliputi Perigi, Kedaton, Sukadana, Sidakersa, dan Tanjung Rancing.

Berdasarkan penilaian dewan juri, ditetapkan juara Midang Bebuke Morgesiwe tahun 2023, yaitu Juara 1 Kelurahan Sidakersa, Juara 2 Kelurahan Paku, Juara 3 Kelurahan Jua-jua, Juara 4 Kelurahan Cintaraja, Juara 5 Kelurahan Kayuagung Asli dan Juara 6 Kelurahan Kedaton.

Kemudian Terbaik 1 Bengian Inti Kelurahan Tanjung Rancing, Terbaik 2 Bengian Inti Kelurahan Paku, dan Terbaik 3 Bengian Inti Kelurahan Kayuagung Asli.

Terbaik 1 Maju Inti Keluarahan Jua-jua, Terbaik 2 Maju Inti Kelurahan Sukadana, dan Terbaik 3 Maju Inti Kelurahan Kutaraya.

Selain pemenang yang didasarkan pada penilaian para dewan juri, ada juga kategori pemenang berdasarkan penilaian voting dari netizen di instagram official Disbudpar OKI di antaranya Kategori Pakaian Bengian Inti Favorit (Juara 1 Perigi, Juara 2 Kayuagung Asli, Juara 3 Paku). Kategori Pakaian Maju Inti Favorit (Juara 1 Perigi, Juara 2 Paku, Juara 3 Kayuagung Asli).

Kategori Kelurahan Favorit (Juara 1 Paku, Juara 2 Perigi, Juara 3 Kayuagung Asli) Kategori Bengian Inti Favorit (Juara 1 Perigi, Juara 2 Paku, Juara 3 Kayuagung Asli) Kategori Maju Inti Favorit (Juara 1 Paku, Juara 2 Perigi, dan Juara 3 Sukadana). (**)

Bantu Kami untuk Berkembang

Mari kita tumbuh bersama! Donasi Anda membantu kami menghadirkan konten yang lebih baik dan berkelanjutan. Scan QRIS untuk berdonasi sekarang!


Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.