Kecelakaan Maut Pajero Sport Tabrak Bentor dan Becak di Dekat Pasar Gubah Berujung Damai  

Lakalantas antara Mitsubishi Pajero Sport nopol BG 1525 RR yang menabrak dua becak yang dimodifikasi menjadi bentor dan satu buah becak di Jalan KH Ahmad Dahlan Talang Semut, Kecamatan Bukit Kecil, Kota Palembang, Sumsel, Kamis (16/12/2021).

Palembang, Sumselupdate.com – Kecelakaan maut yang menewaskan Syamsudin (68) seorang tukang becak yang ditabrak oleh mobil Pajero Sport yang dikemudikan M Fajri (37) di Jalan KH Ahmad Dahlan Pasar Gubah beberapa waktu lalu, berujung perdamaian antara keluarga korban dan M Fajri.

Dikonfirmasi Kasatlantas Polrestabes Palembang, Kompol Irwan Andesta mengatakan, perkara tersebut sudah diselesaikan secara Restorative Justice antara kedua belah pihak yakni M Fajri pengendara roda empat dengan pihak korban, sebagaimana dituangkan dalam Perpol nomor 08 tahun 2021.

Read More

“Karena kedua belah pihak baik dari pengendara roda empat dengan pihak korban telah melakukan kesepakatan perdamaian,” ungkap Kasatlantas Polrestabes Palembang Kompol Irwan Andesta dikonfirmasi melalui sambungan telepon, Kamis (27/1/2022).

Ia juga menyampaikan, selain telah melakukan perdamaian antar kedua belah pihak, M Fajri juga telah memenuhi kewajiban apa yang menjadi hak-hak dari para korban kecelakaan itu.

Menurutnya, Restorative Justice bisa saja dilakukan antara kedua belah pihak karena telah memenuhi syarat formil dan materilnya, seperti tidak adanya unsur kesengajaan dalam peristiwa ini.

“Serta adanya permintaan dari pihak keluarga para korban, agar untuk diselesaikan mekanisme perkara di luar pengadilan yakni dengan cara Restorative Justice. Berbeda halnya jika ada unsur kesengajaan dalam peristiwa ini,” tegasnya.

Ditambahkannya, untuk ancaman pidana terhadap pengendara roda empat, juga telah memenuhi syarat untuk dilakukan Restorative Justice yakni peristiwa lakalantas dengan ancaman pidana kurang dari lima tahun penjara.

Sebagaimana diketahui, lakalantas maut yaang terjadi pada Kamis (16/12/2021) sekitar pukul 10.30 WIB antara mobil Mitsubishi Pajero Sport nopol BG 1525 RR yang menabrak dua becak yang dimodifikasi menjadi bentor dan satu buah becak di Jalan KH Ahmad Dahlan Talang Semut, Kecamatan Bukit Kecil, Kota Palembang, Sumsel.

Akibat peristiwa tersebut seorang penarik becok, Syamsudin (68), warga Pasar Gubah Palembang tewas di lokasi kejadian dengan luka serius di bagian kepala

Tak hanya itu, lakalantas maut ini mengakibatkan tiga orang penarik becak lainnya masing-masing Samuli (50), warga Jalan Cempaka Palembang, Sarkiwi (79), warga Sungai Ilir Barat 1 Palembang, dan Suparmin (88), warga  Kertapati Palembang, mengalami luka-luka.

Saksi mata di lokasi kejadian menuturkan jika mobil Pajero Sport itu melaju dari arah Jalan Kapten A Rivai Palembang.

Kemudian, di persimpangan lampu merah, mobil tersebut masuk ke ruas Jalan KH Ahmad Dahlan Palembang dengan kecepatan tinggi dan oleng.

“Mobil itu sudah oleng dan sempat menaiki trotoar jalan sebelum numbur (menabrak –red) bentor dan becak,” kata seorang warga di lokasi kejadian kepada Sumselupdate.com. (ron)

 

Yuk bagikan berita ini...

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.