Kalahkan Portugal, Uruguay Tantang Prancis di Perempatfinal

Striker Uruguay, Edinson Cavani (kanan), mencetak gol kedua ke gawang Portugal dalam pertandingan babak 16 besar Piala Dunia 2018 di Fisht Stadium, Sochi, Sabtu (30/6/2018). (kompas.com)

Sochi, Sumselupdate.com – Timnas Uruguay berhasil mengalahkan timnas Portugal 2-1 pada laga babak 16 besar Piala Dunia 2018 di Stadion Olimpiade Fisht, Sabtu (30/6/2018) atau Minggu dini hari WIB.

Dua gol kemenangan Uruguay dicetak oleh Edinson Cavani pada menit ke-7 dan (62′). Sementara satu gol balasan Portugal dicetak oleh Pepe pada menit ke-55.

Read More

Dengan hasil ini, Uruguay lolos ke babak perempat final. Tim biru langit ini akan berhadapan dengan Perancis, yang mengalahkan finalis Piala Dunia 2014, Argentina, dengan skor 4-3, Sabtu (30/6/2018).

Dari data statistik, Portugal unggul jauh dengan 62 persen penguasaan bola dan 13 peluang di mana lima di antaranya tepat sasaran.

Sementara itu Uruguay bermain lebih efektif. Pasalnya, hanya memiliki tiga tembakan tepat sasaran, mereka bisa mendapatkan dua gol.

Sebelumnya, Prancis menjadi tim pertama yang memastikan tempat di perempatfinal Piala Dunia 2018.

Les Bleus melangkah usai menang 4-3 atas Argentina pada babak 16 besar di Kazan Arena, Sabtu, 30 Juni 2018.

Laga Portogal kontra Uruguay berjalan dengan tempo sedang selama dua babak. Uruguay unggul cepat pada menit ke-7. Umpan lambung Luis Suarez ke tiang jauh berhasil dituntaskan Cavani dengan sundulan.

Skor 1-0 untuk Uruguay bertahan hingga turun minum.

Memasuki babak kedua, Portugal mengambil inisiatif menyerang. Gol penyama berhasil diperoleh pada menit ke-55.

Melalui skema sepak pojok, umpan Raphael Guerreiro diselesaikan oleh Pepe yang lepas dari kawalan. Mantan bek Real Madrid ini menyundul si kulit bulat yang bersarang di sisi kanan gawang Uruguay.

Ini adalah kali pertama gawang Uruguay kebobolan dalam ajang Piala Dunia 2018.

Uruguay kembali unggul pada menit ke-62 berkat gol cantik Cavani. Menerima umpan mendatar Rodrigo Bentancur, Cavani melepaskan tembakan melengkung yang tidak bisa dijangkau Rui Patricio.

Seusai gol ini, Uruguay bermain lebih bertahan untuk menjaga keunggulan.

Pada menit ke-69, Portugal hampir saja kembali menyamakan kedudukan ketika terjadi kemelut di depan gawang Uruguay.

Bola terlepas dari tangkapan Fernando Muslera dan jatuh ke kaki Bernardo Silva. Sayang, Silva gagal mengarahkan bola ke gawang yang sudah ditinggalkan Muslera.

Dalam 10 menit terakhir, Portugal mengurung pertahanan Uruguay. Namun, lini pertahanan Uruguay begitu rapat karena menumpuk sembilan pemainnya di sana sehingga tak ada gol yang tercipta.

Skor 2-1 untuk keunggulan Uruguay bertahan hingga peluit panjang. Alhasil, peraih dua gelar Piala Dunia ini melangkah ke babak delapan besar, demikian Kompas.com. (kcm/hyd)

 

Susunan pemain Uruguay melawan Portugal:

Uruguay: 1-Fernando Muslera, 2-Maria Gimenez, 3-Diego Godin, 22-Martin Caceres, 17-Diego Laxalt, 8-Nahitan Nandez (Carlos Sanchez 81′), 14-Lucas Torreira, 6-Rodrigo Bentancur (Cristian Rodriguez 63′), 15-Matias Vecino, 9-Luis Suarez, 21-Edinson Cavani (Cristhian Stuani 74′)

Pelatih: Oscar Tabarez

Portugal: 1-Rui Patricio, 15-Ricardo Pereira, 3-Pepe, 6-Jose Fonte, 5-Raphael Guerreiro, 14-William Carvalho, 23-Adrien Silva (Ricardo Quaresma 65′), 11-Bernardo Silva, 10-Joao Mario (Manuel Fernandes 85′), 17-Goncalo Guedes (Andre Silva 74′), 7-Cristiano Ronaldo

Pelatih: Fernando Santos

Wasit: Cesar Ramos (Mexico)

 

 

Yuk bagikan berita ini...

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.