Kalah 0-3 dari Vietnam, Garuda Muda Harus Puas Raih Perak

Timnas Indonesia.

Manila, Sumselupdate.com – Timnas U23 Indonesia kalah 0-3 dari Timnas U23 Vietnam pada laga final SEA Games 2019. Dengan demikian, Garuda Muda harus puas meraih medali perak cabang olahraga sepakbola yang digelar di Stadion Rizal Memorial, Selasa (10/12/2019) malam WIB.

Tiga gol Vietnam dicetak sundulan Doan Van Hau (39′, 59′) dan Do Hung Dung (73′). Dengan hasil ini, timnas U23 Indonesia harus puas meraih medali perak di SEA Games 2019. Sementara itu, Vietnam dipastikan mengalungi medali emas cabang olahraga sepakbola SEA Games 2019.

Bacaan Lainnya

Pada awal babak pertama, seperti dikutip dari laman kompas.com, timnas U23 Indonesia mencoba menyerang lewat sisi sayap. Saddil Ramdani dan Asnawi Mangkualam yang melakukan overlap mencoba membuka peluang pertama bagi timnas U23 Indonesia.

Namun, pergerakan keduanya masih mampu dihentikan barisan belakang Vietnam. Ancaman pertama timnas U23 Indonesia hadir pada menit ke-6 lewat situasi tendangan bebas. Eksekusi yang dilakukan oleh Zulafiandi mengarah ke gawang, namun masih bisa ditepis kiper Vietnam, Nguyen Van Toan, dan hanya menghasilkan sepak pojok.

Semenit berselang, Saddil Ramdani menusuk lewat sisi kanan pertahanan Vietnam. Saddil kemudian mengirimkan umpan tarik, tetapi Osvaldo Haay yang menjadi sasaran gagal menyambut bola kiriman Saddil.

Sepuluh menit pertama, timnas U23 Indonesia terlihat terus mengurung pertahanan Vietnam. Sementara itu, peluang pertama Vietnam hadir pada menit ke-11. Tendangan penjuru yang diambil pemain Vietnam mengarah langsung ke gawang. Nadeo Arga Winata, yang ditugaskan menjadi palang pintu terakhir, dengan cekatan mementahkan peluang tersebut.

Pada menit ke-18, tandukan Nguyen Thanh Chung yang sebelumnya menyambut umpan silang Do Dung Hung, masih tinggi di atas gawang timnas U23 Indonesia. Dua menit berselang, terjadi insiden antara Evan Dimas dan Doan Van Hau.

Bek Vietnam itu tertangkap kamera menginjak kaki Evan Dimas. Insiden tersebut membuat Evan Dimas harus dipapah keluar lapangan dan dinyatakan tidak bisa melanjutkan pertandingan. Peran Evan Dimas digantikan oleh Syahrian Abimanyu.

Memasuki menit ke-30, timnas U23 Indonesia masih menguasai jalannya laga. Namun, Andy Setyo dkk masih kesulitan menembus barisan pertahanan yang tampil disiplin. Selain itu, pemain timnas U23 Indonesia masih sering melakukan kesalahan passing di sepertiga akhir lapangan. Keluarnya Evan Dimas sedikit berpengaruh terhadap aliran bola ke depan.

Syahrian Abimanyu yang menggantikan peran Evan justru lebih sering men-delay bola, sehingga serangan timnas U23 Indonesia sedikit terhambat. Terus menyerang, gawang timnas U23 Indonesia justru kebobolan pada menit ke-39.

Umpan tendangan bebas Do Hung Dung disambut tandukan Doan Van Hau yang tidak mampu dihalau Nadeo. Skor sementara berubah menjadi 1-0 untuk keungulan Vietnam. Timnas U23 Indonesia mencoba membalas pada menit-menit akhir babak pertama. Namun, hingga wasit meniupkan peluit akhir tanda babak pertama usai, timnas U23 Indonesia belum mampu mencetak gol penyama kedudukan.

Pada awal babak kedua, timnas U23 Indonesia yang tertinggal datu gol mencoba mengambil inisiatif serangan. Namun, pertahanan rapat Vietnam membuat upaya timnas U23 Indonesia selalu kandas. Gawang timnas U23 Indonesia justru kembali kebobolan pada menit ke-59.

Berawal dari kesalahan antisipasi barisan belakang timnas U23 Indonesia, bola liar disambar oleh Do Hung Dung. Pemain bernomor punggung 16 itu lalu melepaskan sepakan mendatar yang tidak mampu dijangkau Nadeo. Skor kembali berubah menjadi 2-0 untuk keunggulan Vietnam.

Pelatih timnas U23 Indonesia, Indra Sjafri, melakukan perubahan untuk menjawab gol kedua Vietnam. Pada menit ke-64, Muhammad Rafli dimasukkan untuk menggantikan Sani Rizki Fauzi. Masuknya Rafli, membuat posisi Osvaldo Haay menjadi sedikit mundur, sejajar dengan Egy Maulana Vikri dan Saddil Ramdani.

Sementara, Rafli diplot sebagai ujung tombak timnas U23 Indonesia. Pada menit ke-72, kerja sama Rafli dengan Osvaldo nyaris membuahkan hasil. Namun, penyelesaian akhir yang kemudian dilakukan Osvaldo masih bisa diblok pemain belakang Vietnam.

Semenit berselang, Nadeo memungut bola dari gawangnya untuk kali ketiga. Lagi-lagi pelakunya adalah Doan Van Hau. Gol tersebut berawal dari sepakan bebas Vietnam dari sisi kanan kiri pertahanan timnas U23 Indonesia. Bola berhasil ditepis Nadeo, namun hasil rebound-nya, langsung disambar Doan Van Hau. Skor kembali berubah menjadi 3-0, masih untuk keunggulan Vietnam.

Pada menit ke-77, pelatih Vietnam, Park Hang-seo, diusir ke luar lapangan karena melakukan protes berlebihan. Sementara itu, timnas U23 mendapatkan peluang terbaik pada menit ke-81. Tidak hanya satu, dua kesempatan emas diperoleh oleh Egy Maulana Vikri dan Muhammad Rafli.

Namun, kedua kesempatan itu mampu dimentahkan Nguyen Van Toan. Timnas U23 Indonesia terus berusaha mencetak gol pada menit-menit akhir laga. Namun, usaha tersebut tidak membuahkan hasil hingga akhir pertandingan. Alhasil, timnas U23 Indonesia harus menyerah 0-3 dari Vietnam. (pto)

Yuk bagikan berita ini...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.