Jelang Idul Adha, Presiden Sumbang Satu Ekor Sapi Kurban Seberat 1 Ton

Kamis, 15 Juni 2023

Palembang, Sumselupdate.com- Menjelang lebaran Idul Adha 1444 H nanti, Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyumbangkan satu ekor sapi seberat 1 ton, untuk masyarakat Palembang.

Sapi seberat 1 ton tersebut dibeli dari peternak lokal kota Palembang, dengan seharga Rp 92 juta. “Jenisnya Simental, dibeli di peternak lokal Kota Palembang bukan dari luar kota,” kata Kepala Dinas Pertahanan Pangan dan Peternakan Sumsel, Ruzuan Effendi, Kamis (15/6/2023).

Ia juga mengatakan, Sapi Simental dengan warna coklat ini, akan dirawat terlebih dahulu sebelum diberikan pada H-1 hari raya Idul Adha 1444 H kepada panitia kurban Masjid Agung Kota Palembang.
“Sapi ini merupakan bantuan sapi kurban untuk Idul Adha dari Presiden. Sebelum kita menerimanya kita lihat dulu bobotnya, asal usul sapi dari peternak lokal bukan dari luar, serta harus dalam kondisi sehat,” katanya
Menurutnya, sapi bantuan Presiden ini sudah dicek kesehatannya di laboratorium dan bebas PMK dan virus lainnya. “Sudah kami cek darahnya, pencernaannya apakah ada cacing di usus, hati dan semuanya bagus. Selain itu sapi ini juga sudah divaksinasi,” ungkapnya.
“Alhamdullilah dari tim Presiden juga sudah melihat kondisi sapi dan kesehatannya semuanya bagus. Insyaallah hari ini akan diserah terimakan dengan pihak Pemda dan akan diserahkan ke panitia kurban Masjid Agung Kota Palembang,” tambahnya.
Menurutnya, meski sudah diserah terimakan namun sapi ini tetap dirawat di tempat asal dia dibeli sebelum diserahkan H-1 ke Masjid Agung.
“Sementara dititipkan di tempat asal dia dibeli untuk dirawat hingga diberikan H-1 ke panitia kurban. Kondisi kesehatan juga wajib dipantau hingga H-1, agar tetap sehat,” tutupnya (Ron)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.