Jelang HUT RI Penjualan Bendera Sepi Pembeli

Penjual bendera merah putih jelang HUT RI.

Laporan: Alparizi

Tebingtinggi, Sumselupdate.com – Menjelang peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-76 Republik Indonesia, puluhan pedagang bendera merah putih di Kabupaten Empat Lawang mulai menjamur. Adi, salah seorang pedagang bendera, mengaku mulai berdagang sejak 28 Juli lalu.

Read More

“Saya sudah lama berjualan bendera. Sudah puluhan tahun. Rutin setiap tahunnya berjulan di sini,” ujar Adi Senin (2/08/2021) siang.

Pria 55 tahun itu mulai berjualan bendera merah putih sekitar pukul 08.00 pagi hingga berakhir sekitar pukul 17.00 petang. Ia berjualan setiap hari hingga perayaan HUT RI tiba, pada 17 Agustus mendatang.

Kata Adi, ia menyediakan bendera kebagsaan dengan berbagai ukuran dan berbagai bentuk. Mulai dari bendera tiang dengan ukuran yang kecil hingga yang paling besar dan bendera yang paling kecil untuk dipasang di kendaraan.

Ia juga menjual bendera background atau bendera latar yang panjang, baik yang polos, maupun dengan motif seperti bergelombang dan berlambang garuda. Kemudian Adi juga menyediakan bendera umbul-umbul atau marawa.

“Harganya untuk bendera tiang mulai dari Rp20.000 yang kecil hingga Rp40.000 yang paling besar. Kalau yang untuk motor Rp5.000 sampai Rp10.000. Umbul-umbul Rp25.000. Sedangkan Bagron abutay 300 dan Bagron garuda 250.000 dengan panjang 9 meter,” ulasnya.

Hal serupa juga disampaikan oleh Indra 60 tahun yang berjualan di pasar Tebing Tinggi. Indra bahkan sudah mulai berjualan sejak 17 Juli lalu. Tak jauh berbeda dengan Adi, ia menjual berbagai bentuk bendera merah putih dengan harga yang sama.

“Tahun sekarang kurang ramai (pembeli), sejak berjualan 17 Juli kemarin baru 10 bendera yang terjual, biasanya mendekati tanggal 17 Agustus baru ada pembeli,” ujar Indra.

Indra mengungkapkan, ia sudah berjualan di kawasan tersebut sejak 2002. Di tempat itu, jualannya selalu laris setiap harinya. Ia akan menjual bendera yang ia beli di Tebing Tinggi tersebut hingga perayaan HUT Rl.

Sementara itu, sesuai arahan pemerintah pusat sendiri telah mengeluarkan surat edaran yang mengimbau semua masyarakat untuk mengibarkan bendera selama bulan Agustus. Masyarakat juga diminta menyemarakkan peringatan hari kemerdekaan RI dengan memasang umbul-umbul dan lainnya. (**)

Yuk bagikan berita ini...

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.