Jalani Road Show ke Daerah, UT Bekali Mahasiswa Kuliah Online

Foto bersama.

Palembang, sumselupdate.com – Dalam rangka mempersiapkan para mahasiswa baru agar berhasil dalam studinya, Universitas Terbuka (UT) Palembang melakoni Road Show ke seluruh Kabupaten/Kota di Sumatera Selatan.

Rangkaian kegiatan itu dilakukan agar mahasiswa benar-benar mendapat Pelatihan Keterampilan Belajar Jarak Jauh (PKBJJ) dengan baik.

Seperti diketahui, PKBJJ merupakan bagian dari kegiatan Layanan Pendukung Kesuksesan Belajar Jarak Jauh (LPKBJJ) yang disiapkan UT untuk menyiapkan serta mengantarkan para mahasiswa agar berhasil dalam studinya, tepat waktu dengan menjunjung tinggi integritas akademik.

Direktur UT Palembang, Dr. Meita Istianda, S.IP, M.Si, mengatakan Road Show ini sudah dimulai sejak 17 September lalu di Kabupaten Banyuasin yang dilanjut ke sejumlah daerah seperti Lahat, Prabumulih, OKU, Lubuklinggau dan Muara Enim. Dihadiri Mahasiswa Kelompok Belajar (POKJAR) Pagaralam, Empat Lawang, Tebing Tinggi, Kikim, Gelumbang, Prabumulih, Pali, Belitang, Muaradua, Banding Agung, Baturaja, Musirawas, Muratara, Panang Enim, Muara Enim dan Sentra Layanan UT (SALUT)  Lahat dan Lubuk Linggau. Hingga kini road show pun masih berlangsung ke seluruh wilayah di Sumsel.

Adapun program PKBJJ ini merupakan bagian dari kegiatan Layanan Pendukung Kesuksesan Belajar Jarak Jauh (LPKBJJ) yang disiapkan oleh Universitas Terbuka.

“Karena itu, kegiatan ini wajib diikuti para mahasiswa baru agar mereka mengenal sistem pendidikan jarak jauh,  bagaimana lanyanan yang menjadi hak mereka, dan bagaimana kewajiban mereka sebagai mahasiswa. LPKBJJ ini intinya bentuk pendampingan yang diberikan agar mereka sukses kuliah di UT atau sampai wisuda,” katanya.

Lebih lanjut dia menjelaskan, LPKBJJ diselenggarakan dengan dual modes, di mana Orientasi Studi Mahasiswa Baru (OSMB) dilaksanakan secara daring, PKBJJ dan workshop tugas dilaksanakan secara tatap muka, dan klinik ujian akan dilaksanakan secara daring.

“Bukan hanya teori saja tapi kami mengajak mahasiswa melakukan simulasi,” tambahnya.

Ia memaparkan, Universitas Terbuka telah didesain pemerintah, sebagai Universitas Negeri yang proses belajarnya dapat dilakukan dari mana saja tanpa harus meninggalkan pekerjaan dan keluarga. Dengan biaya kuliah terjangkau, mahasiswa sudah mendapat layanan sesuai paket yang dipilihnya. Pendaftarannya pun juga mengutamakan online di sia.ut.ac.id.

Selain itu, UT dirancang untuk mampu memberi pelayanan terhadap siapa pun yang belum memiliki kesempatan dalam menempuh pendidikan tinggi karena berbagai kendala. Mulai dari keterbatasan dana, tinggal di daerah terpencil dan terluar, dan kesibukkan pekerjaan yang padat.

“Jadi, ada juga interaksi sosialnya. Bahkan dengan kuliah di UT, semakin banyak waktu yang bisa dimaksimalkan untuk kegiatan lain. Seperti, hobby, bekerja, dan lainnya. Selain itu, siapapun bisa menjadi mahasiswa UT tanpa dibatasi usia, UT juga menerima ijazah paket C, dan juga sistem pembelajaran di UT dilakukan dengan berbagai modus dan sangat fleksibel,” pungkasnya.

Dalam kegiatan LPKBJJ Universitas Terbuka Palembang juga menyediakan sessi khusus talk show dengan Narasumber yang ingin kita petik pengalaman dan kesuksesan dalam cita-citanya, untuk memotivasi Mahasiswa.

“UT  juga cocok untuk generasi milenial, meskipun kuliahnya online, juga mengakomodir kegiatan-kegiatan kemahasiswaan untuk menumbuhkan ikatan ‘esprit de corps’, persaudaraan, gotong royong, kekeluargaan dalam lingkungan yang harmonis”, tutupnya. (Ron)

Yuk bagikan berita ini...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.