Istana: Corona Masalah Serius, Warga Miskin Bakal Bertambah 3,78 Juta Orang

Jakarta, Sumselupdate.com-Deputi III Kantor Staf Presiden Panutan Sakti Sulendra Kusuma menjelaskan, skenario terberat yang kemungkinan dialami Indonesia akibat pandemi virus Corona.
Menurut dia, pandemi corona dapat menyebabkan jumlah masyarakat miskin dan pengangguran semakin banyak.

“Artinya, jumlah orang miskin akan bertambah sebanyak 3,78 juta orang dan pengangguran akan bertambah sebanyak 5,23 juta orang,” jelas Panutan dalam siaran persnya, Jumat (3/7/2020).

Bacaan Lainnya

Untuk itu, dia mengatakan, pemerintah menyiapkan program pemulihan ekonomi untuk mengurangi dampak pandemi Corona. Saat ini, pemerintah telah mengalokasikan dana Rp 677 triliun dari APBN untuk perlindungan sosial dan pemulihan ekonomi nasional.

“Kita tak ingin skenario terberat itu terjadi. Ada beberapa perhitungan yang dampaknya cukup serius,” kata Panutan.
Adapun strategi dari pelaksanaan program tersebut mengikuti tahapan-tahapan. Menurut Panutan, jika pandemi corona belum bisa ditangani dengan baik maka tahapannya lebih kepada perlindungan sosial.

“Tetapi, kalau misalnya pandemi ini mulai bisa dikendalikan maka tahapannya adalah ke program pemulihan eknomi nasional,” ujar dia.

Sementara untuk penanganan Corona, Panutan menekankan bahwa pemerintah menerapkan tiga strategi utama. Pertama, penanganan sektor kesehatan. Kedua, perlindungan sosial untuk menahan daya beli masyarakat.

“Program pemulihan ekonomi nasional juga menjadi strategi utama selanjutnya,” ucap Panutan.(adm/lip6)

Yuk bagikan berita ini...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.