Irjen Pol Djoko Resmi Kapolda Sumsel

Senin, 11 Januari 2016

Palembang, SU — Proses rotasi di tubuh Kepolisian Daerah (Polda) Sumatera Selatan (Sumsel) berjalan. Posisi Irjen Pol Prof Iza Fadri digantikan oleh Irjen Pol Drs Djoko Prastowo, SH, MH. Iza yang mendapat tugas baru menjadi Staf Ahli (Sahli) Sospol Kapolri di Mabes Polri.

Djoko Prastowo resmi menjabat sebagai Kapolda Sumsel setelah dilantik Kapolri Jenderal Badrodin Haiti dalam serah terima jabatan (Sertijab) di Gedung Rupatama, Mabes Polri, Jakarta Selatan, Senin (11/1).

Bacaan Lainnya

Nama Djoko Prastowo sudah tidak asing bagi kepolisian di Sumsel. Dalam karirnya, Djoko sempat menduduki sejumlah jabatan strategis di Sumsel sejak tahun 1982 sampai tahun 1986. Mulai dari Danton Lantas Polresta Palembang dan Wakapolsek Ilir Timur (IT) I Palembang.

Djoko mulai menjadi anggota polisi tahun 1982 setelah lulus dari Akabri ini juga pernah bertugas di Sulawesi Selatan, Sulawesi Utara, Jawa Barat, Kalimantan Selatan dan di Mabes Polri yang menjabat sebagai Wakabaintelkam Polri.

Dari beberapa pengalaman dinasnya, Djoko pernah menjabat Kapolsek, Kabag IPP dan Wakapolres di Jawa Barat. Kemudian, di Sulawesi Selatan menjabat sebagai Kapolres, Kapolresta, serta Kapoltabes. Sedangkan di Sulawesi Utara menjabat Dir Intelkam.

Selain Djoko, dalam sertijab di Mabes Polri melantik juga enam Kapolda lainnya yang berada di Indonesia, seperti Maluku, NTT, Lampung, Jambi, Sumbar, serta Kepulauan Riau (Kepri).

Diketahui sebelumnya, pergantian Kapolda tersebut tertera dalam Surat Telegram/2718/XII/2015 tertanggal 31 Desember 2015, di mana Irjen Djoko Prastowo yang saat ini menjabat sebagai Wakabaintelkam Mabes Polri akan menjabat sebagai Kapolda Sumsel menggantikan Irjen Pol Prof Iza Fadri.

Pergantian Kapolda Sumsel Irjen Pol Prof Iza Fadri tersebut sesuai Surat Telegram yang dikeluarkan Wakapolri Komjen Budi Gunawan atas nama Kapolri yang melakukan rotasi terhadap tujuh Kapolda yang ada di Indonesia. (hyd)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.