Intip Progres Restorasi Sungai Sekanak Palembang

Pekerjaan restorasi Sungai Sekanak Palembang pada tahun ini progresnya mencapai 25 persen.

Palembang, Sumselupdate.com – Pekerjaan restorasi Sungai Sekanak, kembali dilanjutkan pada tahun ini.  Pada 2021, lanjutan pembangunan proyek restorasi Sungai Sekanak Lambidaro Lebak Cindo kini difoskukan menata bantaran sungai yang kumuh menjadi pendestrian.

Lokasi segmen yang dilakukan penataan yakni sepanjang 500 Meter dari Jembatan Karang, Jembatan Pasar 26 hingga Jembatan pintu keluar PIM Mall.

Kepala SNPT PJSA BBWSS VIII,  Ali Cahyadi Ahmad mengatakan, pekerjaan ini sebelumnya dilakukan sepanjang satu untuk restorasi yang dimulai dari muara sungai, tepatnya di samping Kantor Wali Kota (Wako) Palembang hingga ke Jembatan Karang.

Untuk pekerjaan restorasi Sungai Sekanak Palembang pada tahun ini progresnya mencapai 25 persen. Adapun pekerjaan saat ini adalah pemasangan pemancangan site file di Sungai Sekanak tepatnya di depan Rumah Susun Palembang.

“Selanjutnya kita akan lanjutkan pekerjaan normalisasi dan penataan kawasan di sekitar Sungai Sekanak Lambidaro, dari Jembatan Karang sampai Jembatan PIM Mall,” katanya,  Jumat (11/6/2021).

Ia mengatakan,  anggaran pekerjaan lanjutan restorasi Sekaak Labidaro ini   yakni Rp50 Miliar dan telah dikontrakan dengan nilai Rp38 Miliar. Adapun fasilitas pedestrian akan dilengkapi dengan jogging track, lampu taman hinga tanaman hias Tabebuya atau bunga sakura Indonesia di sepanjang bantaran Sungai Sekanak.

“Penataan kawasan dan restorasi pada tahun ini sepanjang 800 meter. Jadi pinggir sungai ini akan kita sulap jadi pedestrian yang dilengkapi lampu taman hingga bunga sakura Indonesia,” jelas Ali.

Pembangunan restorasi Sungai Sekanak Lambidaro Lebak Cindo dilakukan secara bertahap hingga selesai 2023 dengan total 11 kilometer dan anggaran keseluruhan sebesar Rp400 M.

Menurut Ali,  bertahapnya pembangunan karena dana yang dikeluarkan pusat sangat terbatas. Pada tahun ini pihaknya menargetkan pekerjaan akan selesai sampai akhir tahun 2021, dimana kawasan pinggiran Sungai Sekanak yang semula kumuh bakal dijadikan pedestrian yang cantik.

“Restorasi sungai ini dilakukan agar dapat menghidupkan kembali Sungai Sekanak menjadi tranportasi perahu kecil, sehingga dapat objek wisata baru nantinya,” tutupnya (Ron)

Yuk bagikan berita ini...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.