Inovasi Berbasis Teknologi Jadi Kunci Sukses Traveloka

Jakarta, Sumselupdate.com – Memasuki tahun kedua sejak pandemi muncul dan memukul keras sektor pariwisata di Indonesia, Traveloka terus menunjukkan eksistensi dan kapabilitasnya sebagai perusahaan teknologi penyedia layanan perjalanan dan gaya hidup berbasis digital terkemuka di Asia Tenggara.

Melalui pemanfaatan teknologi, Traveloka menghadirkan berbagai produk, layanan, dan solusi inovatif yang berpusat pada kebutuhan pengguna dan mitra, terutama di tengah situasi pandemi Covid-19 saat ini.

Read More

Alfonso Hartanto, Senior Vice President Platforms Traveloka, mengatakan bahwa sebagai perusahaan teknologi, Traveloka memposisikan teknologi sebagai dasar pengembangan produk, layanan, dan solusi yang dihadirkan agar sejalan dengan kebutuhan seluruh stakeholders.

“Setiap inovasi yang lahir berangkat dari analisa mendalam terhadap perilaku maupun kesulitan yang dialami oleh pengguna dan mitra. Ketika kami memulai bisnis dengan menyediakan jasa pencarian tiket pesawat misalnya, kami memanfaatkan teknologi untuk memudahkan pengguna menemukan dan membeli penerbangan lanjutan, karena tidak semua destinasi memiliki penerbangan langsung. Ketika Traveloka merambah ke produk gaya hidup, teknologi kami memungkinkan pengguna menerima informasi promo ataupun rekomendasi aktivitas secara real-time saat mereka tiba di lokasi tertentu. Hingga kini, kami terus berusaha memahami kebutuhan pengguna, mitra, maupun pemangku kepentingan lainnya yang terus berkembang dan menjembataninya dengan menghadirkan solusi berbasis teknologi yang paling sesuai dan relevan untuk mereka,” ujar Alfonso.

Menurut Alfonso, pandemi telah mengubah perilaku pengguna secara signifikan, termasuk di antaranya konsumsi informasi online yang semakin meningkat karena banyak pengguna yang bekerja dari rumah serta adanya kekhawatiran ketika akan keluar rumah atau bepergian.

“Prioritas kami selama pandemi masih sama seperti sebelumnya, yaitu menghadirkan solusi inovatif yang relevan dengan situasi saat ini. Untuk menjawab kebutuhan pengguna misalnya, kami menyediakan informasi terkini terkait COVID-19 dan dampaknya terhadap regulasi perjalanan di setiap negara, memperkenalkan program live stream yang menawarkan berbagai promosi produk Traveloka secara informatif dan menghibur sambil pada saat yang bersamaan juga membantu mitra, terutama UMKM, dalam mempertahankan bisnisnya di tengah situasi sulit saat ini. Selain itu, kami juga memberikan dukungan kepada mitra melalui edukasi berkala terkait protokol kesehatan dan merekomendasikan mereka yang telah mendapatkan sertifikat CHSE (Cleanliness, Health, Safety, dan Environment) dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia di platform Traveloka melalui badge Traveloka Clean Partners. Observasi kami menunjukkan bahwa rekomendasi tersebut telah berhasil meningkatkan tidak hanya traffic ke produk mereka, tapi juga jumlah transaksi secara signifikan,” kata Alfonso.

Sebagai salah satu upaya Traveloka dalam menghadirkan penawaran terbaik bagi pengguna, berkontribusi terhadap kelangsungan bisnis para mitra, serta mendukung pemerintah dalam upaya pemulihan pariwisata domestik, Traveloka akan kembali menggelar EPIC Sale 2021 di bulan Maret ini. Memanfaatkan kanal live stream sebagai medium utama, Traveloka siap menginisiasi kerja sama dengan ribuan mitra di tanah air untuk memberikan penawaran menarik dari para mitra maupun inspirasi menarik seputar destinasi wisata.

Informasi Media

Mengingat adanya kenaikan traffic hingga 5.8 juta pengunjung saat EPIC Sale diadakan tahun lalu, Alfonso mengatakan bahwa Traveloka telah melakukan persiapan menyeluruh untuk memastikan kelancaran program ini.

“Belajar dari pengalaman tahun lalu, kami menyiapkan diri dengan melakukan pengujian sebanyak dan sesering mungkin di setiap komponen untuk memastikan tidak ada sistem yang down, terutama saat traffic sedang tinggi-tingginya. Kami juga menyiapkan berbagai skenario sebagai bentuk rencana mitigasi apabila misalnya ada yang down, sehingga pengguna tidak merasa terganggu dan tetap memberikan dukungan sistem yang optimal bagi para mitra,” kata Alfonso.

Sejumlah mitra Traveloka yang turut berpartisipasi di EPIC Sale tahun lalu menyatakan bahwa program tersebut telah memberikan dampak positif yang signifikan terhadap kelangsungan bisnis mereka selama pandemi. Perwakilan dari empat mitra akomodasi Traveloka, yaitu Dago Heuvel Resort & Villa, Gumaya Tower Hotel, Samaja Villas Kunti, dan Simply Homy Group, mengakui bahwa EPIC Sale 2020 tidak hanya membantu meningkatkan eksposur, okupansi, dan revenue mereka hingga berkali lipat, tapi juga meningkatkan kepercayaan dan keyakinan para tamu untuk memilih properti mereka dengan adanya informasi terkait protokol kesehatan yang mereka terapkan di platform Traveloka.

Salah satu mitra Traveloka Eats, PT Altima Mandiri, mengungkapkan kesuksesan mereka dalam meningkatkan penjualan hingga 3x lipat setelah memperkenalkan menu-menu baru di restoran mereka secara live stream di EPIC Sale 2020. Sementara itu, PT AEON Fantasy Indonesia yang menawarkan produknya melalui Traveloka Xperience juga mengapresiasi dukungan Traveloka lewat EPIC Sale 2020 yang sukses menggenjot jumlah penjualan tiket mereka hingga menyentuh angka ribuan, tentunya dengan masa berlaku yang fleksibel. Para mitra tersebut juga mengutarakan harapan mereka agar program tahunan ini dapat terus berjalan dan Traveloka tetap konsisten menghadirkan inisiatif-inisiatif inovatif lainnya.

Alfonso memastikan EPIC Sale kali ini akan berbeda dan lebih istimewa dari tahun sebelumnya. “Selalu ada inovasi baru di setiap EPIC Sale. Di program EPIC Sale kali ini kami memfasilitasi mitra Traveloka untuk melakukan live streaming di kanal aplikasi Traveloka dan secara langsung menawarkan produk mereka dan menjangkau langsung lebih banyak audiens. Selain itu juga ada EPIC REFERRAL yang diluncurkan mulai 19 Maret 2021, di mana pengguna berkesempatan memenangkan berbagai kupon diskon harian dan hadiah menarik jika berbagi Referral Links kepada pengguna lain,” kata Alfonso.

“Sebagai perusahaan teknologi yang terus berinovasi untuk memenuhi kebutuhan pengguna dan mitra yang terus berkembang, kami sangat senang dan bangga jika solusi yang dihadirkan dapat memberikan kontribusi positif yang nyata. Ke depannya, kami berkomitmen untuk terus meningkatkan kapabilitas dan inovasi teknologi agar dapat berkontribusi lebih besar dan lebih baik lagi bagi seluruh stakeholders kami,” tutup Alfonso. (rel)

Yuk bagikan berita ini...

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.