Ini Dampak Ekonomi Indonesia Hadirnya Virus Corona

ilustrasi Virus Corona atau Covid-19.

Jakarta, Sumselupdate.com – Virus corona dikhawatirkan berdampak pada perekonomian global, termasuk Indonesia. Dilansir kumparan, Ekonom Indef, Bhima Yudhistira, mengatakan pemerintah harus mengantisipasi virus tersebut. Mengingat saat kasus SARS merebak di 2003, perekonomian Indonesia melambat hingga 0,03 persen.

Ada sejumlah dampak yang akan terjadi dari penyebaran virus corona, utamanya sektor pariwisata. Menurut dia, pemerintah China juga telah mengantisipasi dengan mengisolasi beberapa kota agar virus tak semakin menyebar.

Bacaan Lainnya

“Pasti ada penurunan dari segi wisata, wisman asal China ke Indonesia juga paling banyak. Dengan pemerintah mereka menutup beberapa kota, ini akan berdampak ke kita, yang biasanya banyak kunjungan akan menurun,” jelasnya.

Jumlah kunjungan turis asal China yang diprediksi berkurang itu, tentunya akan mengurangi devisa negara. Padahal saat ini Indonesia sangat memerlukan penerimaan devisa, utamanya di sektor pariwisata untuk memperbaiki defisit transaksi berjalan.

“Devisa juga kena imbas, karena kan devisa kita banyak dari sektor pariwisata. Makanya pemerintah harus segera mengambil langkah antisipasi agar tidak mengganggu ekonomi Indonesia,” tuturnya.

Tak hanya itu, akibat virus corona, wisatawan asing lainnya juga akan membatasi diri untuk bepergian ke berbagai negara di Asia. Akibatnya, okupansi hotel di Indonesia juga diperkirakan menurun.

“Perlu ditanya ke asosiasi hotel lagi untuk detailnya. Tapi efeknya akan berbahaya bagi omzet perhotelan, restoran, transportasi,” kata Bhima. (rns)

Yuk bagikan berita ini...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.