Hujan Lebat Landa Pagaralam Akibatkan Banjir di 3 Lokasi ini

Salah satu titik banjir di Kota Pagaralam

Pagaralam, Sumselupdate.com – Hujan dengan intensitas tinggi melanda Kota Pagaralam, Sumatera Selatan. Derasnya hujan terjadi hingga Kamis (6/2/2020) dinihari.

Tak pelak, hujan deras ini menyebabkan beberapa kawasan di Kota Pagaralam tergenang banjir  seperti kawasan Bedeng Jagalan, belakang SMA Negeri 1 Pagaralam, dan belakang PU.

Bacaan Lainnya

Tiga lokasi tersebut kerap menjadi langganan banjir setiap kali hujan lebat mengguyur Kota Pagaralam lebih dari satu jam.

Kondisi ini diduga disebabkan anak sungai yang di kawasan tersebut tidak mampu menampung debit air yang besar.

Namun yang kerap menjadi perhatian warga yaitu banjir di kawasan belakang PU. Pasalnya bukan saja rumah warga yang tergenang banjir, namun Masjid Nurul Iman yang ada di lokasi kerap kebanjiran.

Penyedotan air di Masjid Nurul Iman di Kota Pagaralam.

 

Akibatnya kondisi masjid terendam banjir hingga tidak bisa digunakan untuk kegiatan ibadah.

Melihat kondisi ini pihak Polres Pagaralam melalui Polsek Pagaralam Utara dibantu PBK dan masyarakat melakukan tanggap bencana yaitu dengan menyedot air yang menggenangi masjid.

Kapolsek Pagaralam Utara AKP Herry Widodo, SH mengatakan, petugas Bhabin Kamtibmas Polsek Pagaralam Utara bersama Bhabinsa TNI Koramil kota, intansi BPBD serta dibantu oleh warga sekitar langsung bergerak cepat antisipasi dan membantu supaya air tidak bertambah tinggi.

Adapun yang mereka lakukan adalah memberikan aliran siring yang tersumbat dan upaya menyedot air dari dalam masjid dengan menggunakan mesin robin sehingga air surut.

“Banjir setinggi 30 sentimeter dan penyebab banjir dikarenakan curah hujan yang tinggi. Akibatnya siring atau parit pada aliran air tidak tertampung lagi dan juga adanya tumpukan sampah yang ada pada siring menyumbat aliran air,” ujar Kapolsek.

Ada tiga wilayah kelurahan di Kecamatan Pagaralam Utara, Kota Pagaralam mengalami banjir, yaitu di simpang Tiga Ali Topan, Kelurahan Bangun Jaya, di depan SMA Negeri 1 Kelurahan Bringin Jaya, dan di Jagalan dan di Jalan Kolonel Noerdin Panji (belakang PU) Kelurahan Pagaralam.

Salah satu titik banjir di Kota Pagaralam.

 

Suradi (40), salah satu warga Jagalan, Kelurahan Bangun Jaya, Kecamatan Pagaralam Utara mengatakan, banjir kali terparah yang dialami warga Jagalan dan warga Jalan Kolonel Noerdin Panji.

“Memang kampung kami ini menjadi langganan banjir setiap tahun. Namun kali ini merupakan banjir terparah pasalnya bukan saja rumah yang kebanjiran, masjid bahkan kolam ikan warga juga ikut kebanjiran,” ujarnya.

Warga meminta pihak Pemerintah Kota Pagaralam dapat mengatasi masalah banjir musiman yang dialami warga tiga Kelurahan tersebut. Pasalnya hampir setiap tahun warga selalu mengeluhkan kondisi tersebut namun tidak pernah ada solusi. (ric)

Yuk bagikan berita ini...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.