Hujan Berlumpur-Kemarau Berdebu, Warga Talang Banan Minta Pemkot Pagaralam Bangunkan Jalan

Salah satu warga saat melintas di jalan menuju Talang Banan, Pagaralam

Laporan Novrico Saputra

Pagaralam, Sumselupdate.com – Sebanyak 35 Kepala Keluarga (KK) yang ada di Talang Banan Kelurahan Burung Dinang, Kecamatan Dempo Utara, Kota Pagaralam, Sumsel sampai saat ini belum bisa menikmati infrastruktur jalan yang mulus seperti hampir semua daerah di Kota Pagaralam.

Bacaan Lainnya

Pasalnya sudah puluhan tahun jalan menuju ke permukiman mereka masih berupa tanah. Kondisi ini cukup memilukan, pasalnya saat musim hujan akan berlumpur dan musim kemarau penuh dengan debu.

Hal ini membuat warga harus hati-hati saat keluar-masuk ke permukiman mereka.

Kondisi jalan menuju Talang Banan, Pagaralam

Selain kondisi jalan yang masih tanah, medan jalan menuju Talang Banan ini juga sangat menyulitkan warga karena ada tanjakan dan turunan yang akan licin saat musim hujan.

Salah satu warga, Endang mengatakan, dengan kondisi jalan yang masih tanah ini membuat warga kesulitan keluar masuk permukiman terutama saat musim hujan.

“Kami sudah sangat resah dengan kondisi jalan ini pak. Pasalnya sudah puluhan tahun kami harus susah payah masuk ke permukiman kami sendiri karena jalannya masih tanah,” ujarnya.

Kondisi jalan menuju Talang Banan, Pagaralam

Diceritakan Endang (32), saat musim hujan jalannannya menjadi licin dan sering sekali warga mengalami kecelakaan. Bahkan ada anak sekolah yang siap sekolah harus pulang lagi kerumah karena saat hendak kesekolah motornya terjatuh.

“Jadi akibat jalan licin anak sekolah harus jalan kaki sejauh 1,8 kilometer untuk bisa ketemu jalan aspal,” ceritanya.

Senada dikatakan Ipan (41) bahwa bukan saja kesulitan untuk keluar masuk permukiman, warga juga kesulitan mengeluarkan hasil panen komuditi sayur san kopi yang merupakan penghasilan warga sekitar.

“Kami harus menyewa motor ojek khusus untuk bisa mengeluarkan hasil panen terutama saat musim hujan. Pasalnya jika tidak menyewa ojek kami kesulitan mengeluarkan hasil panen kami pak,” ungkapnya.

Warga berharap Pemerintah Kota Pagaralam dapat membangun jalan di Talang Banan. Meskipun belum dibangun aspal namun paling tidak sudah bukan jalan tanah lagi.(**)

Yuk bagikan berita ini...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.