Hitungan Jam, Pelaku Pembunuhan di Arisan Musi Muaraenim Diringkus, Begini Kronologisnya

Tersangka Saridon saat diamankan di Polsek Gelumbang, Muaraenim, Sumsel, Sabtu (3/10/2020).

Laporan Syahrial Hadi

Muaraenim, Sumselupdate.com – Gerak cepat yang dilakukan jajaran Polsek Gelumbang di bawah pimpinan Kapolsek Iptu Hary Dinar, SIK, SH, MH dalam mengungkap dan menangani kasus pembunuhan di Desa Arisan Musi Kecamatan Muara Belida, Kabupaten Muaraenim, patut diacungi jempol.

Bacaan Lainnya

Hanya hitungan jam, petugas Polsek Gelumbang berhasil meringkus tersangka Saridon bin Holil (38) yang melakukan pembunuhan terhadap tetangga dekatnya Sunarto (38).

Diketahui jika Sunarto dihabisi pelaku dengan senjata tajam jenis parang di area persawahan milik korban, Sabtu (3/10/2020), sekitar pukul 10.00 WIB.

Kapolsek Gelumbang Iptu Hary Dinar kepada Sumselupdate.com menjelaskan jika pelaku mencoba melarikan diri setelah melakukan aksi pembunuhan sadis terhadap tetangganya.

Namun niat pelaku berhasil digagalkan oleh petugas Polsek Gelumbang yang telah bergerak cepat dalam melakukan pengejaran dan penghadangan terhadap langkah tersangka yang hendak keluar dari Kecamatan Muara Belida.

Dikatakan Kapolsek, hasil keterangan pelaku jika motif pembunuhan ini dilatari dendam dan sakit hati lantaran korban diduga sudah tiga kali menantang tersangka untuk berkelahi,

Puncaknya hari ini, pelaku sudah tidak tahan lagi mendengar tantangan dari korban.

Kemudian, pelaku pun mendatangi korban di sawahnya dengan membawa sebilah parang.

Setelah melihat keberadaan korban, pelaku tanpa banyak tanya langsung melayangkan parang ke bagian pinggang hingga korban terjatuh.

Melihat korban masih bergerak dan berteriak minta tolong, pelaku semakin kalap sehingga beberapa kali ayunan parang yang dipegangnya mengenai dan membelah beberapa bagian tubuh korban.

Korban tewas di lokasi kejadian dengan luka menggangga di dada sebelah kiri, luka bacok pinggang sebelah kanan hingga usus terburai, luka bacok di punggung, dan luka lebar di paha kiri serta bagian selangkangan.

Jasad korban dibawa petugas ke RSUD Gelumbang untuk dilakukan visum.

Sebelumnya, Supardi (45), warga Arisan Musi, Kecamatan Muara Belida yang melihat langsung peristiwa pembunuhan tersebut mengaku tidak mengetahui motif yang mendasari pelaku menghabisi tetangga dekatnya itu.

Saat kejadian, menurut pria yang biasa disapa Tedi ini, dia mendengar teriakan korban meminta tolong sekitar pukul 10.00 WIB.

Begitu mendengar ada teriakan meminta tolong, Supardi mengaku segera mencari sumber suara.

Alangkah terkejutnya Supardi, saat sampai ke tempat kejadian perkara, dia melihat pelaku Saridon sedang membacoki tubuh Sunarto dengan senjata tajam jenis parang.

Melihat kedatangan Supardi, tersangka melarikan diri. Sedangkan korban tewas bersimbah darah.

Melihat korban tewas, Supardi langsung memberitahukan peristiwa pembunuhan itu kepada Kepala Dusun (Kadus) II, RT 01, Desa Arisan Musi bernama M Latif (52).

Kemudian, M Latif bersama Kades Arisan Musi, Eka Yadi langsung menghubungi petugas Polsek Gelumbang. (**)

 

Yuk bagikan berita ini...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.