Hari Amal Bakti, Ini Permasalahan yang Disebutkan Kemenag

Foto bersama usai kegiatan.

Palembang, Sumselupdate.com – Memasuki Hari Amal Bakti Kemenag RI 2018, Kemenag Kota Palembang menyampaikan sejumlah evaluasi pada upacara yang digelar di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Palembang.

Menurut Kepala Kemenag Palembang, Darami, soal pelayanan masyarakat misalnya, hal itu perlu dilakukan evaluasi karena jangan sampai, masyarakat yang hendak melakukan pernikahan malah tidak terlayani.

Bacaan Lainnya

Darami mengatakan, jumlah penghulu serta kantor urusan agama (KUA) di kota Palembang dirasa sudah cukup.

Namun yang menjadi masalah, pernikahan masyarakat di kota Palembang ini, biasanya berbarengan pada hari Jumat, Sabtu, dan Minggu. Sehingga mengakibatkan penumpukan masyarakat yang hendak melakukan pernikahan.

Kan seminggu ada tujuh hari, tapi fokusnya tiga hari itu, jadi ya padat,” ujar Darami, Rabu (3/1/2018).

Dama‎ri menyebutkan, Kemenag kota Palembang saat ini memiliki 16 KUA dengan 20 penghulu yang tersebar di seluruh kota Palembang. Menurut Damari, jumlah ini juga dinilai sudah cukup melayani pernikahan masyarakat kota Palembang.

“Tapi itu tadi, syaratnya jangan bertumpuk di akhir pekan saja,” katanya.

Selain masalah pernikahan, Kemenag kota Palembang terus mencoba meningkatkan pelayanan pelaksaan haji, baik mulai dari pendaftaran hingga pemberangkatan.

Ke depan, Kemenag kota Palembang akan melakukan tempat pendaftaran haji satu atap, sehingga masyarakat tidak perlu lagi berpindah-pindah tempat untuk mendaftar haji.

“Jadi urusan administrasi dan perbankan untuk pembayaran itu satu lokasi, sehingga waktu menjadi efisien. Kalau seperti itu, saya rasa waktu 45 menit itu sudah cukup,” pungkasnya.

Dalam upacara Hari Amal Bakti Kemenag RI ini dihadiri berbagai unsru termasuk para Madrasah dari berbagai Madrasah di Palembang. (sbw) 

Yuk bagikan berita ini...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.