Harga Kian Anjlok, Petani Karet Harapkan Solusi dari Pemkab PALI

Minggu, 21 Februari 2016
Aktivitas menimbang dan menjual getah karet di pasar kalangan Kabupaten PALI.

PALI, Sumselupdate.com -Harga karet yang terus mengalami penurunan ditambah harga kebutuhan pokok terus meningkat, membuat perekonomian masyarakat di Bumi Serepat Serasan yang kebanyakan berprofesi sebagai petani karet, kian terpuruk.

Imbas berkepanjangan murahnya harga karet, membuat daya beli masyarakat kian menurun, kriminalitas meningkat dan ancaman penderita gizi buruk bermunculan karena penghasilan petani karet tidak seimbang dengan kebutuhan hidup sehari-hari.

Bacaan Lainnya

Kini, H Heri Amalindo dan Ferdian Andreas Lacony yang menjadi pemimpin pilihan rakyat PALI, telah resmi dilantik. Janji-janji politik kandidat ini ketika berkampanye memberikan harapan untuk meningkatkan kesejahteraan warganya termasuk petani karet sangat dinanti, gebrakan baru untuk meningkatkan harga karet ataupun mencarikan solusinya ditunggu.

Hal itu diungkapkan Maman, (45), warga Desa Jerambah Besi, Kecamatan Talang Ubi. Maman merupakan seorang petani karet yang menggantungkan hidupnya dari hasil sadapannya.

“Sekarang ini kami hanya makan lauk garam, tidak lebih dari itu setiap harinya yang sudah kami alami sejak dua tahun ini. Karena harga getah tidak kunjung naik tetapi beras dan lainya makin mahal, sementara di rumah ada 5 orang yang harus diberi makan,” katanya media ini, Minggu (21/2).

Maman juga mengatakan bahwa setelah dilantiknya pemimpin baru, dirinya meminta untuk secepatnya mencarikan solusi agar perekonomian keluarganya bisa berubah.

“Kerja Pak Heri aku sudah tahu, beliau dekat dengan rakyat. Aku berharap jangan cuma dekat tetapi tolong pikirkan nasib seperti aku ini, tolong cari solusi agar aku dan anak-anak aku tidak seperti ini terus,” pintanya.

Harapan sama terlontar dari Bambang (35), petani karet asal Talang Puyang, Kelurahan Talang Ubi Utara. Dirinya percaya kepemimpinan Heri dan Ferdian bisa membawa perubahan bagi petani karet.

“Dulu Pak Heri memimpin sendiri Kabupaten ini, dan terbukti bisa merubah PALI, apalagi sekarang ada wakilnya tentu akan mampu membawa PALI lebih baik dan harapan kami sebagai petani karet, tolong prioritaskan nasib kami, karena kami sudah lama terpuruk,” ungkapnya. (adj)

Bantu Kami untuk Berkembang

Mari kita tumbuh bersama! Donasi Anda membantu kami menghadirkan konten yang lebih baik dan berkelanjutan. Scan QRIS untuk berdonasi sekarang!


Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.