Harga Emas di Pagaralam Hari Ini Turun, Berikut Kisarannya

Partomo saat melayani pelanggan di Toko Emas miliknya

Laporan Novrico Saputra

Pagaralam, Sumselupdate.com – Harga emas 24 karat di Kota Pagaralam, Provinsi Sumatera Selatan terus mengalami penurunan dari Rp6 juta menjadi Rp5,8 juta per suku.

Bacaan Lainnya

Sementara pedagang membeli dengan harga mencapai berkisar Rp5,5 juta per suku (1 suku=6,7 gram).

Partomo (50), salah seorang pemilik toko emas di Pasar Pagaralam, Kamis (13/8/2020) menjelaskan, turunnya harga logam mulia tersebut bisa jadi disebabkan pengaruh melemahnya nilai tukar rupiah terhadap dollar Amerika Serikat (AS) di pasaran internasional.

“Warga di sini sebagian besar berprofesi sebagai petani kopi, ternak, dan sayuran, sehingga ketika harga komoditas andalan itu di pasaran meningkat, seperti biasa permintaan emas perhiasan juga ikut melonjak,” kata dia.

Pemilik toko emas ‘ASIA’ ini menuturkan, bila harga kopi dan beras naik, daya beli warga di Kota Pagaralam dan sekitarnya terhadap logam mulia dan emas mulai dari seperti kalung, gelang, cincin, dan antingan ikut meningkat.

“Khusus di Kota Pagaralam, sejak harga emas perhiasan turun walau sedikit, baik yang membeli maupun menjual kembali perhiasan simpanan, tampaknya seimbang, karena harga berbagai komoditas andalan tersebut juga naik,” kata dia.

Namun yang jelas, kata dia, sekarang di Pagaralam banyak warga melakukan pernikahan, sehingga membuat permintaan emas perhiasan meningkat meskipun harga tinggi.

Memang di satu sisi penjual yang untung, tapi bagi masyarakat membutuhkan terutama untuk membayar mas kawin saat pernikahaan keluarga, tentunya sangat memberatkan.

Sebab masyarakat membutuhkan tidak sedikit antara lima hingga sepuluh suku, kata Broni, warga Nendagung Pagaralam Selatan. (**)

Yuk bagikan berita ini...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.