H Iskandar Ikuti Dengarkan Pidato Kenegaraan Presiden RI

Rapat Paripurna XXVII Masa Persidangan III Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten OKI dalam rangka “Mendengarkan Pidato Kenegaraan Presiden RI” Peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-75 tahun 2020

Laporan Syakbanudin

Kayuagung, Sumselupdate.com – Bupati Kabupaten OKI, H Iskandar mengikuti Rapat Paripurna XXVII Masa Persidangan III Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten OKI dalam rangka “Mendengarkan Pidato
Kenegaraan Presiden RI” Peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-75 tahun 2020 dengan Tema “Indonesia Maju”, secara virtual, pada Jum’at (14/8/2020).

Bacaan Lainnya

Rapat Paripurna DPRD OKI ke XXVII yang dibuka dan ditutup oleh Ketua DPRD OKI H Abdiyanto Fikri SH MH tersebut dihadiri Bupati dan Wakil Bupati Ogan Komering Ilir, Pimpinan dan Anggota DPRD, FKPD OKI serta Kepala OPD dan Kepala Bagian di Lingkungan Pemerintah Kabupaten OKI yang sempat hadir.

Disiarkan langsung dari Ruang Rapat Paripurna MPR/DPR/DPD RI tampak Presiden Republik Indonesia Ir H Joko Widodo (Jokowi) saat menyampaikan Pidato Kenegaraan dalam serangkaian kegiatan HUT ke-75 Kemerdekaan Republik Indonesia menggunakan Baju Adat Suku Sabu NTT yang merupakan pulau terdepan di bagian ujung Selatan Indonesia.

Dalam pidatonya tahun 2020 ini, Presiden Jokowi mengajak seluruh masyarakat Indonesia dan komponen pemerintahan untuk dapat melakukan percepatan dan lompatan besar sehingga dalam 100 tahun kemerdekaan mendatang yang disebut sebagai periode Emas. Indonesia bisa menjadi negara maju dengan ragam keberhasilan dan pencapaian.

“Dalam peringatan HUT ke-75 Kemerdekaan RI tahun ini, Indonesia telah menjadi negara upper middle income country. Saatnya kita manfaatkan momentum ini untuk membenahi Indonesia secara fundamental dengan melakukan transformasi besar, menjalankan strategi hebat. Strategi di bidang ekonomi, hukum, pemerintahan, sosial, kebudayaan, termasuk kesehatan dan Pendidikan,” ungkapnya.

Di era kenormalan baru ini, Pemerintah telah melakukan sejumlah penyesuaian program kerja dan strategi penanganan masalah yang tepat guna.

Presiden Jokowi juga mengatakan pemerintah pusat dan daerah telah cepat dan tanggap melakukan penyesuaian program kerja dengan situasi terkini dan melakukan realokasi angggaran dalam waktu singkat.

“Pemerintah cepat melakukan perubahan rumusan program, menyesuaikan program kerja dengan situasi terkini, melakukan realokasi anggaran dalam waktu singkat, menerbitkan Perpu No.1 Tahun 2020, yang kemudian disetujui oleh DPR RI menjadi UU No.2 Tahun 2020 serta bersinergi dengan BI, OJK, dan LPS untuk memulihkan perekonomian Indonesia,” tambahnya.

Selanjutnya, Presiden Jokowi menghimbau untuk terus meningkatkan kedisplinan dan produktivitas nasional. Selain itu, mengajak untuk serentak dan serempak melakukan lompatan besar guna mewujudkan “Indonesia Maju.”

“Kita lakukan lompatan besar untuk kemajuan yang signifikan. Kita harus bajak momentum krisis ini. Kita harus serentak dan serempak memanfaatkan momentum ini. Menjadikan Indonesia setara dengan negara-negara maju. Menjadikan Indonesia Maju yang kita cita-citakan.

Dirgahayu Republik Indonesia! Dirgahayu Negeri Pancasila! Merdeka!” pungkasnya.

Setelah mendengarkan Pidato Kenegaraan Presiden RI Ir H Joko Widodo tersebut, Ketua DPRD OKI H Abdyanto Fikri SH MH, saat menutup Rapat Paripurna tersebut dan berharap apa yang telah disaksikan dan didengarkan bersama, dapat menjadi acuan, petunjuk dan pedoman dalam menjalankan roda pembangunan.
“Sehingga kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara betul-betul dapat berjalan sesuai dengan amanah konstitusi dan peraturan perundang-undangan yang berlaku,”katanya.

Sementara itu, Bupati OKI H Iskandar SE dalam wawancaranya setelah mendengarkan pidato kenegaraan tahun 2020 tersebut sangat optimis, Kabupaten OKI mampu turut andil dalam lompatan besar dan meningkatan produktivitas dalam mewujudkan “Indonesia Maju”.

“Kita harus mampu pandai membaca peluang, mengingat potensi sumber daya alam khususnya sektor pangan. Untuk itu akan terus dilakukan penyesuaian dan peningkatan produktivtas agar Kab. OKI tetap jadi lumbung beras nasional bahkan dunia,” tegasnya. (**)

Yuk bagikan berita ini...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.