Gunung Anak Krakatau Erupsi, Kolom Abu Capai 50 Meter

Gunung Anak Krakatau

Jakarta, Sumselupdate.com – Gunung Anak Krakatau (GAK) yang berada di Selat Sunda mengalami erupsi pada pukul 16.50 WIB, Rabu (13/11/2019).

Berdasarkan data dari Pos Pengamatan Gunungapi Anak Krakatau, ketinggian kolom abu mencapai sekitar 50 meter di atas puncak.

Bacaan Lainnya

“Kolom abu teramati berwarna putih hingga hitam dengan intensitas tebal ke arah utara. Erupsi ini terekam di seismograf dengan amplitudo maksimum 41 mm dan durasi 82 detik,” demikian keterangan Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG), seperti dikutip dari laman CNNIndonesia.com.

Disebutkan tak terdengar suara dentuman dari pos pengamatan Gunung Anak Krakatau tersebut. “Saat ini G Anak Krakatau berada pada Status Level II (Waspada) dengan rekomendasi: Masyarakat/wisatawan tidak diperbolehkan mendekati kawah dalam radius 2 km dari kawah,” demikian tutup keterangan tersebut.

Sebelum diputuskan berstatus waspda sejak 23 Maret 2019, Gunung Anak Krakatau sempat berstatus Level III (siaga) selama tiga bulan ke belakang. Penetapan siaga itu terjadi pada 27 Desember 2018 setelah erupsi Gunung Anak Krakatau pada 22 Desember 2018 memicu tsunami ke kawasan Banten dan Lampung. (pto)

Yuk bagikan berita ini...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.