Gunung Anak Krakatau Berstatus Waspada, Masyarakat Diimbau Tak Mendekat

Gunung Anak Krakatau di Selat Sunda

Jakarta, Sumselupdate.com – Gunung Anak Krakatau kembali erupsi pagi ini dan dinyatakan berstatus Waspada. Masyarakat pun diimbau tak mendekat ke lokasi.

Berdasarkan situs resmi Badan Geologi Kementerian ESDM seperti dikutip dari laman detik.com, Minggu (29/12/2019), telah dilakukan pengamatan tiap enam jam pada pukul 06.00-12.00 WIB hari ini.

Bacaan Lainnya

Masyarakat dinyatakan tidak diperbolehkan mendekat dalam radius 2 km dari kawah. “Masyarakat/wisatawan tidak diperbolehkan mendekati kawah dalam radius 2 km dari kawah,” tulis Badan Geologi dalam situs resminya.

Berdasarkan hasil pengamatan, gunung api tertutup kabut. Teramati asap kawah utama berwarna putih dan kelabu dengan intensitas tebal tinggi sekitar 100-200 meter dari puncak.

“1 kali gempa Tremor Menerus dengan amplitudo 1-40 mm, dominan 25 mm,” tulis situs tersebut.

Cuaca di lokasi terpantau berawan hingga mendung, angin lemah ke arah timur. Suhu udara sekitar 24,9-28,9°C, sementara kelembaban 49-52 persen.

Gunung Anak Krakatau mengalami erupsi pagi tadi. Status Gunung Anak Krakatau kini Waspada.

“Telah terjadi erupsi Gunung Anak Krakatau, Lampung pada tanggal 29 Desember 2019 pukul 05.29 WIB dengan tinggi kolom abu teramati ± 50 m di atas puncak (± 207 m di atas permukaan laut),” tulis Badan Geologi Kementerian Energi Sumber Daya Mineral di akun Instagram kabar geologi.

Berdasarkan visual CCTV kawah, teramati letusan dengan tinggi 200 meter dari dasar kawah. Status gunung yang kini Waspada membuat masyarakat tak boleh mendekati kawah.

“Saat ini Gunung Anak Krakatau berada pada Status Level II (Waspada) dengan rekomendasi masyarakat/wisatawan tidak diperbolehkan mendekati kawah dalam radius 2 km dari kawah,” tulis Badan Geologi Kementerian ESDM. (pto)

Yuk bagikan berita ini...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.