Gubenur DKI Sebut Pemudik Turun Drastis Dibandingkan Tahun Sebelumnya

Gubernur Anies Baswedan di Bundaran Hotel Indonesia [Suara.com/M. Yasir]

Jakarta, Sumselupdate.com – Gubernur Jakarta Anies Baswedan menyebut jumlah pemudik pada hari lebaran tahun ini masih lebih sedikit jika dibandingkan pada lebaran tahun-tahun sebelumnya.

“Kalau kita lihat ada 100 orang bergerak, lalu 95 tertahan, lima lolos, yang jadi berita cuma yang lima (lolos) pasti. Dan beritanya lima lolos (mudik) gitu, lima persen lolos, sehingga kesannya semua lolos, kalau lihat angkanya tidak. Sesungguhnya jika dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya jauh lebih sedikit yang pergi meninggalkan kota,” kata Anies di rumahnya, Lebak Bulus, Jakarta Selatan, dikutip dari suara.com (jaringan nasional Sumselupdate.com).

Read More

Anies meminta masyarakat tetap menaati anjuran pemerintah dengan tidak bepergian ke luar daerah demi mencegah penyebaran Covid. Tetapi jika memang harus pergi ke luar kota, harus menerapkan protokol kesehatan.

“Saya berharap kita ambil tanggung jawab. Kita ambil peran-peran untuk melindungi keluarga kita dengan cara sebisa mungkin berada di rumah, mengurangi aktivitas keluar. Kita tidak mungkin 0 persen keluar. Kalaupun harus keluar pakai masker, jaga jarak,” kata dia.

Anies mengapresiasi panitia penyelenggaraan shalat Idul Fitri yang tetap menerapkan protokol kesehatan dalam melaksanakan salat hari ini.

“Saya ingin sampaikan terimakasih dan apresiasi kepada masjid-masjid penyelenggara salat Ied yang menjalankan dengan mentaati protokol kesehatan,” ujar Anies.

Dia juga berterimakasih kepada masyarakat yang memilih melaksanakan shalat Idul Fitri di rumah masing-masing.

“Terima kasih pada keluarga-keluarga yang memilih salat di rumah dengan keluarga inti dan kita sama-sama dalam suasana pandemi, penting sekali untuk bisa menjaga kebersamaan,” kata dia.

“Pandemi ini membuat orang terpisah. Kalau terpapar dia harus diisolasi, insya Allah sembuh, tapi kalau sampai ada yang tidak sembuh?. Artinya terpisah selamanya, karena itu keselamatan adalah kunci untuk menjaga sebuah kebersamaan.”

“Kepolisian, TNI, petugas perhubungan, tenaga medis, kemudian tenaga-tenaga kebersihan. Mereka semua tidak bersama keluarga di saat lebaran dan pada mereka saya sampaikan apresiasi,” tambahnya lagi. (**)

Yuk bagikan berita ini...

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.