Grebek Masjid, BKPRMI Cek Kebersihan Masjid di PALI

SERAHKAN BANTUAN-Ketua DPW BKPRMI Sumsel Ustadz Firdaus menyerahkan bantuan alat pembersih, Jumat (28/8/2020).

PALI, Sumselupdate.com-Sebanyak 50 masjid di Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI) akan dicek kebersihannya oleh Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Badan Komunikasi Pemuda Remaja Masjid Indonesia (BKPRMI) Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel). Kegiatan ini adalah bagian dari Program Grebek Masjid yang diluncurkan Gubernur Sumsel Herman Deru.

Hal ini disampaikan Bupati PALI Heri Amalindo melalui Staf Ahli Bidang Kemasyarakatan dan Sumber Daya Manusia (SDM) Drs Kusmayadi, MSi, saat melaunching Program Grebek Masjid yang diinisiasi oleh DPW BKPRMI Sumatera Selatan, Jumat (28/8/2020).

Bacaan Lainnya

“Kami mengapresiasi apa yang dilakukan oleh BKPRMI, karena lingkungan yang bersih akan membuat khusyu beribadah, serta kebersihan juga sebagian dari Iman,” kata
Drs Kusmayadi.

Ketua BKPRMI Kabupaten PALI Ustadz Fadri mengatakan, Grebek Masjid merupakan program pembersihan dan sanitasi masjid.

“Untuk di kabupaten PALI nantinya akan ada 50 masjid yang digrebek. Sebanyak 30 masjid di Kecamatan Talang Ubi, dan sisanya di empat kecamatan yang ada di Kabupaten PALI. Selain itu, dalam pelaksanaannya kita mendapat bantuan 50 paket alat pembersih dari DPW BKPRMI,” ujarnya.

Sementara Ketua DPW BKPRMI Sumsel Ustadz Firdaus menjelaskan, pihaknya akan melakukan program Grebek Masjid pada 2000 masjid di seluruh penjuru Sumatera Selatan. Namun, untuk sesi pertama mereka akan membersihkan 1000 masjid terlebih dahulu.

“Total sudah ada 600 masjid yang sudah digrebek. Untuk sesi kedua, nanti Insya Allah akan dilaksanakan pada tahun yang akan datang. Ini juga kerja sama BKPRMI dengan Gubernur Sumatera Selatan,” jelas pria yang juga Anggota DPRD Provinsi Sumsel dari Partai Keadilan Sejahtera (PKS).

Ia menjelaskan, membersihkan masjid merupakan perintah Allah SWT kepada nabi Ibrahim AS dan Nabi Ismail AS sesuai dengan Firman Allah Quran Surah Al-Baqarah ayat 125.

“Membersihkan masjid merupakan perintah langsung Allah ke Nabi Ibrahim dan Nabi Ismail. Agar orang-orang yang akan beribadah seperti I’tikap, ruku’ dan sujud di Masjid akan menjadi nyaman dan ibadah menjadi khusyuk. Jadi, semangat membersihkan masjid melanjutkan estafet dari zaman Ibrahim,” pungkasnya.

Kegiatan yang digelar di halaman Bumi Perkemahan Simpang Raja,
Kelurahan Handayani Mulya itu dihadiri oleh Kabag Kesra H Junaidi, Kaban Kesbangpol Sangkut, Camat Talang Ubi Hardin, dan Ketua DPD KNPI PALI Bung Anas, serta para ustad-ustadzah pengajar ngaji se-kabupaten PALI. (adj)

Yuk bagikan berita ini...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.