Giliran Pralansia dan ODGJ yang Bakal Divaksin Covid-19

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan Provinsi Sumsel, Ferry Yanuar.

Palembang, Sumselupdate.com – Dinas Kesehatan Provinsi Sumsel, saat ini terus mempersiapkan tahapan lanjutan vaksin bagi masyarakat pra-lansia yang dianggap rentan terpapar virus.

“Kita sejauh ini mengupayakan vaksinasi terhadap masyarakat rentan Pralansia mulai dari umur 50 tahun. Lalu masyarakat difabel dan Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) di 17 Kabupaten/kota kemarin secara serentak,” kata Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan Provinsi Sumsel, Ferry Yanuar, Rabu (16/6/2021).

Bacaan Lainnya

Ia menyebutkan, jika tahapan vaksin ini masih akan sesuai tahapan awal yang terbagi dalam tiga skema tahapan. Tahapan pertama bagi tenaga kesehatan (nakes), tahapan kedua pelayan publik, dan tahap ketiga masyarakat rentan termasuk lanjut usia (lansia) di dalamnya.

“Untuk masyarakat usia 18 tahun belum, karena masih mengikuti tahapan yang ada,” ungkapnya

Secara keseluruhan, Dinkes Sumsel mencatat proses vaksinasi terhadap nakes hampir selesai, dengan capaian 94 persen. Lalu, bagi pelayan publik yang menyentuh angka 68 persen. Sedangkan untuk masyarakat rentan pada lansia sejauh ini cukup kesulitan akibat berbagai kendala. Salah satunya, kondisi kesehatan.

“Lansia sendiri masih kecil 10 persen, tidak hanya di Sumsel ini juga jadi kendala di nasional yang juga masih kecil,” ujar dia.

Ferry menambahkan, sejauh ini cakupan vaksin di Sumsel telah mencapai angka 1.060.000 dosis vaksin. Semuanya sudah  disalurkan ke kabupaten dan kota di Sumsel. Sedangkan untuk yang tersisa di provinsi ada sekitar 100 vial vaksin yang rencananya akan diberikan pada vaksinasi masal saat peringatan ulang tahun Bhayangkari.

“Sejauh ini kita tidak tahu kapan lagi vaksin akan datang, karena alokasi dari pusat. Terakhir datang hampir 80 vial yang disalurkan ke UMKM,” tutupnya. (Ron)

Yuk bagikan berita ini...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.