Gelar Kompetisi UMKM, Paguyuban SRC Ogan Ilir Gandeng Komunitas

Pengurus Paguyuban SRC Ogan Ilir yang berkolaborasi bersama komunitas anak muda Ogan Ilir berfoto bersama usai pembukaan kompetisi UMKM di KNA Café Indralaya, Rabu (13/7/2022).

Laporan: Henny Primasari

Inderalaya, Sumselupdate.com – Dalam rangkaian Semarak Pengundian Program Undian ‘Belanja Dekat Rumah’ atau yang di singkat BERKAH, Paguyuban SRC Ogan Ilir berkolaborasi bersama komunitas anak anak muda Ogan Ilir menggelar Kompetisi UMKM di KNA Café Indralaya, Rabu (13/7/2022).

Read More

Acara Pengundian BERKAH paguyuban SRC Ogan Ilir kali ini tampak berbeda karena berkolaborasi dengan beberapa komunitas besar, yakni Keluarga Mahasiswa Ogan Ilir (KMOI), Komunitas Mobil R4 COI, dan anak anak kreatif yang berasal dari Creatif Community Tanjung Batu.

Program Undian BERKAH dari paguyuban SRC Ogan Ilir ini sendiri telah berlangsung selama 100 hari setelah di-launching awal April bertempat di SRC IDA CELL Inderalaya.

Program Undian BERKAH ini merupakan salah satu strategi marketing SRC untuk menggaet konsumen serta meningkatkan omset.

“Mekanisme sederhana hanya dengan berbelanja senilai Rp20 ribu melalui aplikasi AYO Kelontong, pelanggan kita akan mendapatkan satu Kupon Undian yang akan kita undi,”” ujar Yuk Ida panggilan akrab Owner SRC Ida Cell selaku Ketua Paguyuban SRC Ogan Ilir.

Yuk Ida menyampaikan dalam program undian Berkah kali ini dilakukan di 100 SRC di wilayah Ogan Ilir.

“Untuk promo ini kita lakukan secara bersama-sama, untuk hadiahnya pun kita kumpulkan dari anggota yang ikut promo, dan ternyata hasil nya sangat membantu omset dengan rata rata kenaikan 15 sampai 20 persen, lumayan di tengah kondisi pandemi seperti ini,” katanya.

Dalam semarak pengundian BERKAH kali ini juga diadakan kompetisi UMKM bekerja sama dengan KMOI dan R4 COI.

Lebih dari 150 produk UMKM yang dikurasi dan di kompetisikan pada event ini.

Ketua Panitia dari KMOI M Reza Arya Pratama menyampaikan dari kompetisi UMKM ini melalui proses yang cukup panjang dari tahap pendataan kemudian dilakukan kurasi dan puncaknya babak final yang dilakukan hari ini.

“Kita dapat data sekitar 300 pelaku UMKM dari Dinas Perdagangan Koperasi dan UMKM Kabupaten Ogan Ilir, ditambah peserta umum yang dari luar itu, kemudian kita kurasi sehingga dapatkan 30 produk UMKM berdasarkan kategori produknya dapatlah finalis yang akan dinilai tim juri hari ini,” ujarnya.

Dia berharap dengan adanya kompetisi yang berbarengan dengan pengundian program BERKAH SRC ini memungkinkan pelaku UMKM ini membuka pasar baru via kerja sama dengan Paguyuban SRC Ogan Ilir.

“Siapa tahu hari ini mereka dapat peluang barangnya bisa dijual di SRC, dan salah satu hal yang kita pertimbangkan saat kurasi bahwa barangnya bisa di jual di SRC,” tambahnya.

Selain acara kompetisi iitu sendiri di momen yang sama diadakan kegiatan Talk show dengan tema Belajar jualan Online.

R4 COI selaku penyelenggara memberikan sarana pembelajaran hal baru bagaimana memanfaatkan social media untuk memasarkan produk.

“Nantinya selain ikut kompetisi, kita juga menginginkan selepas acara ini para pelaku UMKM di Ogan Ilir bisa menambah pengetahuan dan wawasan baru tentang dunia digital marketing,” kata Ketua R4COI, Alhikmatul Akbar.

Acara ini sendiri akan dibuka secara langsung oleh Bupati Ogan Ilir yang dalam hal ini diwakili Asisten II Bidang perekonomian serta unsur pemerintahan Ogan Ilir lainnya. (**)

 

 

Yuk bagikan berita ini...

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.