Gara-Gara Sampah, Kadis dan Camat ‘Saling Lempar Handuk’

Salah satu bahu jalan di kecamatan Muara Pinang yang menjadi lokasi pembuangan sampah, nampak sampah sampai naik ke jalan utama.

Empat Lawang, Sumselupdate.com – Di samping banyak jalan rusak, ada satu lagi masalah yang kerap kali ditemui di beberapa jalan utama yang ada di kabupaten Empat Lawang. Yakni bahu jalan yang menjadi tempat pembuangan sampah, bahkan hingga berbulan-bulan tidak ada tindak lanjut dari pihak berwenang dan terkesan dibiarkan.

Salah satunya seperti beberapa tumpukan sampah yang ada di bahu jalan pada beberapa titik yang ada di kecamatan Muara Pinang. Berdasarkan pantauan di lapangan beberapa bahu jalan yang menjadi tempat pembuangan sampah tersebut di antaranya ada di desa Sawah, desa Talang Tinggi (Muara Pinang Lama) dan Desa Sapa Panjang.

Bacaan Lainnya

“Ya memang sudah lama dijadikan tempat pembuangan sampah karena memang sepi, jadi tidak ada yang melarang juga untuk membuang sampah, selain itu warga juga bingung mau buang sampah di mana,” kata Julian, warga yang melintas di sekitar lokasi.

Sementara itu saat dikonfirmasi kepada Dinas Lingkungan Hidup kabupaten Empat Lawang melalui pesan singkat Irtansi sebagai Kepala Dinas hingga berita ini dimuat belum memberikan respon atas permasalahan ini.

Kemudian juga dilakukan konfirmasi kepada Kepala Bidang Sampah Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Empat Lawang, Riza Pahlevi mengatakan jika permasalahan sampah yang ada di desa-desa bukan tanggung jawab Dinas Lingkungan Hidup kabupaten Empat Lawang akan tetapi tanggung jawab Camat, Lurah dan Kepala Desa bersangkutan.

“Kalau Sampah yang ada di Kota Tebing Tinggi dan Pasar Pendopo itu DLH, kalau kecamatan langsung konfirmasi dengan pak Camat, Lurah, Kades,” jawab Riza Pahlevi.

Selain itu Riza juga mengatakan saat ini, di beberapa kecamatan yang ada di Empat Lawang memang belum mempunyai tempat pembuangan sampah resmi, sebagai contoh di kecamatan Pendopo ada tanah masyarakat yang dijadikan tempat pembuangan sampah.

“Kita numpang punya masyarakat karena lokasi pembuangan sampah di kecamatan Pendopo memang belum siap,” kata dia.

Kemudian saat ditanyakan perihal lokasi rencana tempat pembuangan sampah di kecamatan Pendopo, Riza Pahlevi tidak tahu dan merekomendasikan untuk menanyakan hal tersebut ke Irtansi sebagai Kepala Dinas Lingkungan Hidup kabupaten Empat Lawang.

Adapun ketika wartawan kembali mencoba menanyakan perihal lokasi rencana tempat pembuangan sampah tersebut, Irtansi kepala Dinas Lingkungan Hidup Empat Lawang kembali tidak menjawab.

Tidak hanya pada Dinas Lingkungan Hidup, permasalahan ini juga wartawan mencoba konfirmasi ke Camat Muara Pinang, Faizal menjawab jika permasalahan ini bukan tanggung jawabnya.

“Itu  Dinas Lingkungan Hidup, bukan kita ya,” katanya.

Setelah dijelaskan mengenai hasil wawancara dengan pihak Dinas Lingkungan Hidup, Paizal menjawab jika memang banyaknya sampah yang ada beberapa bahu jalan yang ada di kecamatan Muara Pinang karena kurangnya kesadaran masyarakat.

“Sampah di situ karena kurangnya kesadaran masyarakat, banyak kiriman sampah dari desa lain, apalagi habis hajatan. Sedangkan kita belum ada lokasi tempat pembuangan sampah di sini,” tambah Paizal.

Terakhir Paizal juga mengatakan, pihaknya sudah pernah mengusulkan ke Dinas Lingkungan Hidup perihal mobil dan tangki sampah.

“Sudah pernah disusulkan tapi Camat hanya bisa mengusulkan kepada dinas terkait, agar disediakan mobil sampah dan di tempat itu disiapkan tangki sampah supaya bisa diangkut oleh mobil Sampah,” tutupnya. (frz)

Yuk bagikan berita ini...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.