Gandeng PWI, KPU Mura Gelar Talkshow Evaluasi Pilbup

Suasana talkshow hasil kerja sama KPU Mura dan PWI Mura di Ball Room Hotel Dafam, Lubuklinggau, Sabtu (13/2/2020).

Mura, Sumselupdate.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Musi Rawas (Mura) menggandeng Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Mura menggelar talkshow.

Kegiatan ini mengambil tema ‘Evaluasi Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Musi Rawas Tahun 2020 di Tengah Pandemi Covid-19’ yang dilaksanakan di Ball Room Hotel Dafam, Lubuklinggau, Sabtu (13/2/2020).

Bacaan Lainnya

“Kegiatan ini merupakan gagasan dari PWI Mura secara bersama dengan KPU Mura. Memang, pesta demokrasi telah usai, namun kita ingin adanya evaluasi selama Pilkada serentak ini. Sebab, KPU Mura selaku penyelenggara, Bawaslu Mura dalam fungsinya sebagai pengawasan dan Polres Mura dalam menciptakan situasi agar aman dan kondusif selama pelaksanaan Pilkada layak diapresiasi,” kata Ketua PWI Mura Jhuan Silitonga di kegiatan Talkshow tersebut.

Selain itu, Jhuan mengatakan, pelaksanaan Pilkada kali ini sangat berbeda dengan Pilkada sebelumnya, karena selain tercapainya Pilkada yang berintegritas dan berkualitas juga diharapkan situasi yang aman, sejuk dan sehat.

“Kenapa ada poin sehatnya, sebab pelaksanaan Pilkada dalam situasi pandemi Covid-19,” jelas Jhuan.

Untuk itu, kegiatan ini dilaksanakan dengan konsep talkshow, di mana ada tiga sesi dalam kegiatan ini, yakni sesi pertama dengan materi, suksesi perhelatan Pilkada Musi Rawas Tahun 2020 di tengah Pandemi Covid-19 yang menghadirkan nara sumber, Ketua KPU Mura Anasta Tias dan Divisi Perencanaan Data dan Informasi KPU Sumsel, Hendri Almawijaya.

Suasana talkshow hasil kerja sama KPU Mura dan PWI Mura di Ball Room Hotel Dafam, Lubuklinggau, Sabtu (13/2/2020).

Selanjutnya di sesi kedua membincangkan tentang pengawasan dan pengamanan selama Pilkada Musi Rawas 2020 dengan nara sumber, Ketua Bawaslu Mura Oktoreni Sandra Kirana dan Kapolres Mura AKBP Efrannedy.

Sementara di sesi pamungkas yakni sesi ketiga, mengupas tentang, peran pers dalam menyukseskan Pilkada Musi Rawas Tahun 2020 dan Kesiapan Satgas Covid 19 dalam mencegah penularan Covid-19 selama Pilkada Mura.

“Di sesi ketiga ini menghadirkan dua nara sumber, yakni Ketua PWI Sumsel H Firdaus Komar dan Satgas Covid-19 Mura, H M Nizar,” jelas Jhuan.

“Alhamdulilah, kegiatan ini berjalan sesuai harapan, dan semoga memberikan manfaat dan bermanfaat bagi para peserta yang hadir yakni para pejuang informasi, insan pers Musi Rawas,” Jhuan menambahkan.

Sementara itu, Ketua KPU Mura Anasta Tias mengucapkan rasa terima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung penuh dan berpartisipasi dalam menyukseskan Pilkada Mura tahun 2020 lalu yang berlangsung di tengah pandemi Covid-19.

Suksesnya pelaksanaan pesta rakyat tersebut, kata Anas, tidak dapat berjalan sesuai harapan tanpa adanya kerja keras semua pihak, dalam hal ini Polres Mura yang mengawal dan mengamankan.

Begitu pun, Bawaslu Mura yang sudah bekerja mengawasi pelaksanaan Pilkada berjalan secara demokratis, serta insan pers yang telah memberikan sekaligus menyampaikan informasi pelaksanaan Pilkada.

“Karena, tanpa adanya kerjasama maka pelaksanaan Pilkada tidak berjalan dengan aman, damai dan sehat,” ucapnya.

Anas juga menyampaikan apresiasinya kepada PWI Musi Rawas yang selalu berjalan sesuai koridornya serta ide dan gagasan yang di cetuskan, sehingga kegiatan Talkshow ini berjalan sesuai harapan.

“Semoga apa yang dilakukan ini dapat berguna bagi semuanya,” cetusnya.

Berfoto usai penyerahan penghargaan di sela kegiatan talkshow hasil kerja sama KPU Mura dan PWI Mura di Ball Room Hotel Dafam, Lubuklinggau, Sabtu (13/2/2020).

Dalam kegiatan tersebut, juga dilakukan pemberian apresiasi dan penghargaan kepada media pers dan wartawan di Mura yang selama pelaksanaan Pilkada Mura berkontribusi dalam pemberitaan dan informasi yang cerdas dan edukatif.

KPU Mura memberian apresiasi dan penghargaan kepada Ahmad Fahrozi atau biasa dipanggil Ozi wartawan Harian Sripo dan media Harian Musi Rawas Ekspres sebagai media terbaik.

Sementara, dalam penilaiannya, Kapolres Mura memberikan apresiasi dan penghargaan kepada Hendi Renaldi Linggau klik sebagai wartawan terbaik di Polres Mura, dan media terbaik dalam penilaian Bawaslu Mura yakni media online Beligat.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Kapolres Mura, Ketua KPU Mura beserta jajaran, Ketua PWI Mura beserta jajaran, Ketua Bawaslu Mura, Satgas Covid-19 Kabupaten Mura, Ketua PWI Lubuklinggau, Ketua PWI Muratara, dan insan pers Mura. (rel)

Yuk bagikan berita ini...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.