Fit and Proper Test, Politikus PDIP Langsung ‘Tembak’ Capim KPK Firli Masalah Etik

Firli. (detik)

Jakarta, Sumselupdate.com – Anggota Komisi III DPR dari Fraksi PDIP Arteria Dahlan mendapat giliran pertama bertanya kepada Firli Bahuri sebagai calon pimpinan (capim) KPK dalam uji kelayakan dan kepatutan atau fit and proper test. Arteria langsung menanyakan tentang persoalan pelanggaran kode etik berat yang disematkan KPK kepada Firli.

“Ini kontroversial, calon pimpinan ini adalah calon dari 10 calon yang menjadi perhatian publik yang luar biasa, yang sangat khusus, yang juga harus menjadi perhatian Dewan. Apa betul Saudara Calon Pimpinan ini pernah bertemu dengan yang namanya TGB?” tanya Arteria kepada Firli dikutip dari laman detik.com, Kamis (12/9/2019).

Bacaan Lainnya

Arteria turut menanyakan apa saja konteks pembicaraan yang dilakukan Firli. Selain itu, Firli ditanya apakah pernah diperiksa secara etik di KPK. “Apakah pimpinan KPK mengalihkan perkara itu ke Dewan Pertimbangan Pegawai, apa betul keputusan Dewan Pertimbangan Pegawai memang menghukum Saudara Calon Pimpinan?” tanya Arteria lagi.

“Seandainya itu tidak benar, ini namanya penzaliman yang sistematis, ini masalah pernyataan fitnah, membuat surat palsu,” imbuh Arteria.

Mengenai Firli, pada Rabu (11/9), KPK menggelar konferensi pers menyampaikan pelanggaran kode etik berat yang dilakukan Firli pada saat menjabat Deputi Penindakan KPK. Dalam konferensi pers itu, Wakil Ketua KPK Saut Situmorang menyatakan Firli diberhentikan dengan hormat dan dikembalikan ke institusi asalnya, yaitu Polri.

Sementara itu, di tempat yang sama, Penasihat KPK Tsani Annafari membeberkan rangkaian pertemuan yang membuat Firli dinyatakan melakukan pelanggaran etik berat. Tsani awalnya menjelaskan pemeriksaan dugaan pelanggaran etik ini dilakukan setelah ada pengaduan masyarakat pada 18 September 2018.

Dalam pemeriksaan, ditemukan fakta bahwa Firli melakukan sejumlah pertemuan, termasuk dengan mantan Gubernur NTB Muhammad Zainul Majdi atau Tuan Guru Bajang (TGB). Kemudian pada 13 Mei 2018, TGB dan Firli kembali bertemu dalam acara Farewell and Welcome Game Tennis Danrem 162/WB di Lapangan Tenis Wira Bhakti. TGB dan Firli juga terlihat berbicara dan akrab dalam pertemuan ini. (pto)

Yuk bagikan berita ini...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.