Festival Danau Ranau Sabet Juara 1 Kategori Festival Pariwisata Terpopuler API 2020

Momen saat Kepala Dinas Pariwisata OKU Selatan Darmawan, SE, MSi, menerima langsung penghargaan pada malam Anugerah Pesona Indonesia (API) 2020 di Labuhan Bajo Kabupaten Manggarai Barat (NTT) pada Kamis Malam (20/5/2021).

Laporan: Alpian Patria Jaya

Muaradua, Sumselupdate.com – Meski sempat tertunda karena pandemi Covid-19, akhirnya Kamis (20/5/2021) malam bertempat di Labuhan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) ajang bergengsi Anugerah Pesona Indonesia (API) tahun 2020 resmi dihelat.

Bacaan Lainnya

Anugerah Pesona Indonesia (API) 2020 merupakan ajang apresiasi masyarakat terhadap pariwisata Indonesia. kegiatan yang sudah dimulai sejak tahun 2016, dan telah berhasil mengangkat dan mempromosikan lebih dari 700 destinasi dan produk pariwisata di seluruh pada Indonesia.

Pada penyelenggaraan API tahun 2020 ini tercatat lebih dari 890 ribu vote yang masuk melalui beberapa channel yang telah disediakan pada penyelenggaraan tahun 2020 ini kurang lebih 85 ribu tautan terkait pemberitaan tentang nominasi ataupun Anugerah Pesona Indonesia ini sendiri pada pencarian Google.

Dan pada tahun ini pula bermunculan lebih banyak kombinasi dan juara baru dari seluruh Indonesia. Salah satunya adalah Festival Danau Ranau di Kabupaten OKU Selatan.

Pada ajang API Award 2020, Festival Danau Ranau yang ada di Kabupaten OKU Selatan Provinsi Sumatera Selatan ini berhasil meraih Juara pertama pada kategori Festival Pariwisata Terpopuler API 2020 dalam ajang Anugerah Pesona Indonesia ke-5 tahun 2020, yang berlangsung di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur, Kamis (20/5/2021).

Dengan mengumpulkan 53% vote, Festival Danau Ranau OKU Selatan berhasil mengalahkan dua nominator lainnya, yakni Seba Baduy Kabupaten Lebak menempati posisi ke 2 dengan perolehan vote 19% dan Meron Kabupaten Pati di posisi ke 3 dengan perolehan vote 10%.

Malam Anugerah Pesona Indonesia (API) 2020 di Labuhan Bajo Kabupaten Manggarai Barat (NTT), Kamis Malam (20/5/2021).

Usai menerima penghargaan Juara I pada Kategori Festival Pariwisata Terpopuler, kepada Sumselupdate.com Kepala Dinas Pariwisata OKU Selatan Darmawan, SE, MSi, melalui WhatsApp pribadi miliknya mengatakan, penghargaan yang diraih ini merupakan kerja keras masyarakat OKU Selatan terutama dan masyarakat Sumsel secara umumnya.

“Bersyukur kepada Allah Swt kita diberi kepercayaan oleh khalayak untuk menjadi yang terdepan dikategori Festival Pariwisata Terpopuler pada API 2020 ini dan tidak sampai di sini saja. Hendaknya ke depan bisa terus memperkenalkan wisata wisata yang ada di OKU Selatan dan tentu dengan harapan yang lebih dari yang kita dapat saat ini,” harap Kadin Pariwisata OKU Selatan berdarah Kisam tersebut.

“Penghargaan ini adalah hasil kerja keras masyarakat OKU Selatan secara khusus dan masyarakat Sumsel secara umum. Pemda OKU Selatan hanya membantu mengusulkan ke pihak penyelenggara API 2020. Penghargaan ini dipersembahkan kepada masyarakat OKU Selatan,” ujar Darmawan.

Di tambahkan Kadin Pariwisata, “OKU Selatan banyak memiliki potensi wisata, baik wisata Danau, Air Terjun maupun produk penunjangnya. Olehnya itu sebagai putera OKU Selatan, dirinya berkeinginan untuk terus mengembangkan potensi pariwisata di Bumi Serasan Seandanan agar lebih dapat dikenal bahkan dikunjungi oleh khalayak yang ada di luar kabupaten kita,” jelasnya.

“Pada ajang API Award 2020 ini, Ada 18 kategori yang menjadi perebutan dan alhamdulilah Festival Danau Ranau OKU Selatan yang notabene Festival kebanggaan masyarakat kita di Bumi Serasan Seandanan berhasil menyabet sebagai Juara 1 (satu) Pada kategori Festival Pariwisata terpopuler API 2020,” jelas Darmawan penuh haru. (**)

 

Yuk bagikan berita ini...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.