Duku Asal Tanah Abang PALI Tidak Kalah Manis

Fugok Makmur saat melakukan panen buah duku

PALI, Sumselupdate.com – Jika di Sumatera Selatan, kebanyakan masyarakat tahu dengan duku Ujan Mas dan duku Komering yang manis, ternyata duku dari kabupaten PALI tidak kalah manisnya. Tepatnya di Desa Muara Sungai, kecamatan Tanah Abang.

Makmur (56), petani buah duku setempat menjelaskan bahwa duku asal kecamatan Tanah Abang tidak kalah manisnya dengan duku-duku dari daerah lain.

Bacaan Lainnya

Makmur juga menerangkan bahwa pemasaran dari buah duku asal kecamatan Tanah Abang sudah dikirim ke Palembang dan kota-kota besar di Pulau Jawa.

“Sebenarnya, penghasilan duku dari asal Tanah Abang sudah lama. Bahkan, dari jaman puyang (nenek) kami. Bahkan, buah duku dari Tanah Abang sudah didistribusikan ke kota Palembang dan kota-kota besar di Pulau Jawa melalui tengkulak-tengkulak yang datang ke Tanah Abang,” kata pria yang kerap disapa Fugok Makmur.

Fugok Makmur juga menjelaskan untuk tahun 2021, panen buah duku ini, mengalami jauh penurunan.

Petani duku Fugok Makmur

“Pada musim panen kali ini, hasil buah duku jauh berkurang. Hal itu disebabkan kurangnya panas dan lebih sering hujan. Biasanya, dalam satu pohon duku bisa menghasilkan 1 ton, namun pada tahun ini hanya menghasilkan lebih kurang tiga pikul. Dengan nilai pendapatan kalau biasanya dapat Rp 15 juta hingga Rp 20 juta sekali panen, namun untuk sekarang lebih kurang hanya Rp 10 juta,” imbuhnya.

Disinggung adakah dampak pandemi Covid-19 terhadap penghasilan buah duku, Ia mengaku tidak terlalu terdampak.

“Kalau dampak akibat pandemi rasanya tidak terlalu terasa. Tapi, dampak akibat cuaca yang lebih terasa,” kata Makmur.

Sementara itu, Aka Cholik Darlin, ketua FAKAR Lematang berharap potensi dari kecamatan Tanah Abang perlu mendapat perhatian khusus dari pemerintah kabupaten PALI.

“Ini bisa menjadi potensi yang nantinya bisa menjadi kabupaten PALI mandiri. Bisa dibuat desa agrowisata, dan harapan kita bersama bisa meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD),” tutupnya. (adj)

Yuk bagikan berita ini...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.