Duh, HSBC Berniat PHK 35.000 Pegawai

Ilustrasi HSBC

Jakarta, Sumselupdate.com – HSBC berencana memangkas 35.000 pekerja dan merombak bisnisnya setelah perusahaan mencatat kinerja kurang baik. Tahun 2019, perusahaan mencatat penurunan laba 33%.

Mengutip CNN, Selasa (18/2/2020), jumlah pegawai diperkirakan turun dari 235.000 menjadi 200.000 pegawai dalam tiga tahun ke depan. Hal itu dikonfirmasi oleh seorang juru bicara perusahaan.

Bacaan Lainnya

Pemangkasan pegawai itu sekitar 15% dari tenaga kerja global. Meski, jumlah pastinya belum diketahui.

Selain itu, HSBC juga berencana melepas aset senilai US$ 100 miliar pada akhir 2022. Keputusan ini akan mengurangi beban biaya sebesar US$ 4,5 miliar.

Bank berbasis di London mencatat laba sebelum pajak tahun lalu atau 2019 sebesar US$ 13,3 miliar. Turun dibandingkan dengan tahun sebelumnya yang hampir US$ 20 miliar.

“Sebagian bisnis kami tidak memberikan pengembalian yang dapat diterima,” kata Plt CEO Noel Quinn.

“Oleh karena itu kami menguraikan rencana revisi untuk meningkatkan pengembalian bagi investor, menciptakan kapasitas untuk investasi masa depan, dan membangun platform untuk pertumbuhan berkelanjutan,” paparnya.

Selanjutnya, HCBC menyatakan, akan mempertahankan dividennya. Namun, pihaknya, akan melakukan pemotongan pada unit riset penjualan dan ekuitasnya di Eropa, serta mengalihkan lebih banyak sumber daya dari Inggris ke Asia.

HSBC juga berencana untuk mengonsolidasikan banyak divisinya secara global untuk menghemat uang. Bank akan memotong sepertiga dari cabang di Amerika Serikat, kemudian akan memposisikan diri sebagai bank korporasi yang berfokus pada klien internasional. (adm3/dtc)

Yuk bagikan berita ini...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.