Dua Pemuda di Palembang Menerima Restorative Justice

Dua pelaku pencurian dibebaskan.

Laporan: Haris Widodo

Palembang, Sumselupdate.com – Agus (47), warga Jalan Sentosa, Kecamatan Plaju Palembang, Sumatera Selatan (Sumsel) memutuskan untuk memaafkan Ebi Kuku (21) dan PA (17) pelaku pencurian rangka sepeda motor Yamaha RX King miliknya yang saat itu disimpan di dalam bengkel rumahnya pada Jumat (24/6/2022).

Read More

“Saya memaafkan dan mau berdamai dengan kedua pelaku karena pelaku masih terlalu muda masih panjang masa depannya. Saya harap kedua pelaku tidak mengulangi perbuatannya lagi,” ujar korban kepada awak media, Selasa (28/6/2022).

Ia mengungkapkan, kerangka sepeda motor tersebut masih berguna dan sengaja diletakkan di bengkel.

Dikatakannya, peristiwa pencurian tersebut terjadi pada Jumat (26/6/2022) sore, saat dirinya sedang keluar dari bengkel dan melihat kerangka sepeda motornya sudah hilang dalam sekejap.

Setelah melihat CCTV di bengkelnya, ternyata benar kedua pelaku tersebut yang mengambil rangka motor RX King miliknya dan melaporkan tidakan pencurian tersebut ke petugas Polsek Plaju.

Sementara itu, Kapolsek Plaju AKP Firman didampingi Kanit Reskrim Ipda Okta Kuncoro membenarkan langkah yang telah diambil oleh oleh korban dengan cara memberikan peluang damai antara korban dan pelaku.

“Benar kita telah melakukan perdamaian restorative justice antara korban dan pelaku secara kekeluargaan, di mana korban tidak menuntut pelaku secara hukum asal pelaku tidak mengulangi perbuatannya lagi,” katanya.

Kapolsek mengatakan sebelumnya kedua pelaku diamankan Unit Reskrim Polsek Plaju di kediamannya masing-masing. Kemudian kedua pelaku diinterogasi dan membenarkan bahwa rencananya rangka motor milik korban akan dijual mereka.

“Alasan mereka sih terpaksa mencuri karena tak punya uang untuk jajan,” katanya.

Atas jalur restorative Justice tersebut, kedua belah pihak sepakat untuk menutup kasus tersebut. (**)

Yuk bagikan berita ini...

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.