Dua Pelaku Curanmor Meresahkan Warga Sinar Peninjauan dan Lubuk Batang OKU Berhasil Diringkus

Kedua pelaku curanmor Haryanto dan Habib diamankan petugas.

Laporan: Armiziwadi

Baturaja, Sumselupdate.com – Warga Kecamatan Sinar Peninjauan dan Lubuk Batang, Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU), Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) bisa bernafas lega.

Bacaan Lainnya

Ini setelah tim  Polsek Sinar Peninjauan dan Polsek Lubukbatang Kabupaten OKUberhasil menangkap dua pelaku pencurian sepeda motor (curanmor) yang sudah cukup lama meresahkan masyarakat di dua kecamatan tersebut.

Dua pelaku curanmor yang berhasil ditangkap masing-masing Haryanto (25), warga Dusun I, Desa Kurup, Kecamatan Lubukbatang, Kabupaten OKU dan Habib (27), warga Dusun I, Desa Kurup, Kecamatan Lubukbatang, OKU. Sedangkan satu pelaku lain berinisial Kas alias Torik (24) masih DPO.

Kapolres OKU AKBP Arif Hidayat Ritonga MH melalui Kapolsek Sinar Peninjauan Iptu Agusdin dan Kapolsek Lubukbatang AKP Ujang Abdul Aziz yang dikonfirmasi  Minggu (5/7/2020) membenarkan penangkapan dua pelaku curanmor itu.

Korban paling teranyar dari komplotan curanmor ini adalah Lukmanul Hakim (44). Dia kehilangan sepeda motor jenis Yamaha Vixion tahun 2011 warna merah maron Nopol BG 6481 FJ.

Pada saat kejadian tepatnya Senin (10/2/2020) sekitar pukul 10.00 WIB, korban memarkirkan motornya di kebun karet Karya Tiga, Desa Srimulya, Kecamatan Sinar Peninjauan, Kabupaten OKU.

Melihat motor korban terparkir, tiga pelaku melancarkan aksi.  Menyadari motornya dicuri korban langsung melaporkan kehilangan ke Polsek Sinar Peninjauan

Mendapat laporan tersebut, Kapolsek Sinar Peninjauan Iptu Agusdin segera memerintahkan jajaran Reskrim untuk melakukan penyelidikan.

Didapat informasi bahwa ketiga pelaku melarikan diri ke arah Peninjauan. Anggota polisi yang tidak mau kehilangan jejak, langsung melakukan pengejaran.

Setelah dekat Desa Mendala polisi melihat para pelaku tengah membawa sepeda motor korban ke arah Lubukbatang.

Melihat hal tersebut, anggota Polsek Sinar Peninjauan memerintahkan para pelaku untuk berhenti dan menyerahkan diri, namun para pelaku tetap berusaha kabur dari sergapan polisi.

Melihat para pelaku kabur, aparat langsung melepaskan tembakan peringatan ke udara. Menyadari bahaya para pelaku langsung meninggalkan motor curiannya dan kabur ke arah Baturaja.

Beruntung anggota polisi ada yang mengenali ciri-ciri pelaku. Kemudian, Kapolsek Sinar Peninjauan Iptu Agusdin berkoordinasi dengan Kapolsek Lubukbatang AKP Ujang Abdul Aziz, SE.

Mendapat informasi itu Kapolsek Lubukbatang langsung melakukan penyelidikan identitas para pelaku berdasarkan ciri ciri yang ada.

Setelah dilakukan pencarian, akhirnya hari Sabtu (4/7/2020) sekitar pukul 02.00 WIB dini hari anggota Reskrim Sinar Peninjauan dan Lubukbatang berhasil menangkap tersangka Haryanto dan Habib.

Namun tersangka Kas alias Torik berhasil meloloskan diri selanjutnya kedua tersangka langsung dibawa ke Mapolsek Sinar Peninjauan.

Menurut Iptu Agusdin saat ini kedua pelaku dan barang bukti sudah diamankan di Mapolsek Sinar Peninjauan untuk dilakukan penyidikan lebih lanjut.

Dikatakan Iptu Agusdin, dengan ditangkapnya kedua pelaku, polisi juga berhasil mengungkap pencurian kendaraan motor yang dilakukan para tersangka tersebut.

Dari catatan kepolisian, selain Lukmanul Haki, ada dua kasus lain yang dilakukan ketiga pelaku, yakni pencurian pertama di Batumarta XII Desa Karyamukti pada tanggal 24 Januari 2020.

Kemudian pencurian sepeda motor kedua di di Desa Karyamukti pada tanggal 2 Februari 2020. (**)

Yuk bagikan berita ini...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.