Ditunggu, Peran Kecendikiawanan ICMI untuk Atasi Masalah Kontemporer

Prof Mahfud MD Berfoto Bersama dengan Para Undangan pada Acara Pembukaan Muswil VI ICMI Sumsel di Aula Pusat Informasi Haji Palembang, Jum'at (18/3)

Palembang, Sumselupdate.com – Masalah kehidupan masyarakat kontemporer, baik secara nasional maupun lokal, demikian kompleks. Untuk itu, keberadaan cendekiawan muslim dituntut perannya untuk membantu mengatasi berbagai masalah tersebut sehingga masyarakat dapat merasakan keadilan dan kemakmuran. Dengan demikian, eksistensi organisasi cendekiawan seperti Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia (ICMI), akan dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat.

Penegasan tersebut disampaikan Dewan Pakar Majelis Presidium Pusat (MPP) ICMI, Prof Mahfud MD pada acara Pembukaan Musyawarah Wilayah (Muswil) VI ICMI Orwil Sumatera Selatan di Aula Pusat Informasi Haji dan Umrah, Asrama Haji Palembang, Jumat (18/3).

“Cendekiawan itu tidak tersekat oleh strata. Siapa pun yang mampu memanfaatkan keilmuan atau keahliannya untuk kebaikan umat, itu masuk kategori cendekiawan. Mereka punya tanggung jawab dan harus peduli dengan berbagai permasalahan yang sedang dihadapi umat dewasa ini,” ujar Mahfud.

Pada kesempatan ini, Wakil Gubernur Sumsel H Ishak Mekki yang berkesmpatan membuka acara Muswil secara resmi juga berharap ICMI Sumsel dapat terus memberikan sumbangsihnya bagi kemajuan Sumsel. Pemerintah pun, tambahnya, siap bersinergi dengan organisasi cendekiawan muslim ini untuk kemajuan umat di daerah ini.

“Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan menyambut baik adanya semangat untuk mengoptimalisasi peran ICMI dalam mewujudkan Sumsel sejahtera dan bermartabat”, tukas Ishak.

Direncanakan, Muswil VI ICMI Sumsel akan berlangsung 18–19 Maret 2016. Selain akan membahas Laporan Pertanggungjawaban Pengurus ICMI Sumsel periode 2011-2016 di bawah kepemimpinan H Riduan Mukti yang kini telah menjadi Gubernur Bengkulu, Muswil juga akan memilih formatur kepengurusan ICMI Sumsel periode 2016-2021. (shn)

Yuk bagikan berita ini...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.