Distribusi Air Tak Maksimal, Pelanggan PDAM Lematang Enim Ngeluh Cuma Bayar Angin

Ilustrasi

Laporan: Azwar Anas

Muaraenim, Sumselupdate.com – Pelanggan PDAM Lematang Enim di Perumahan Villa Bougenville Asri, Kelurahan Muaraenim, mengeluh, pasalnya distribusi air bersih ke perumahan mereka dianggap tak maksimal. Seperti disampaikan Devi (29), yang menyebut perusahaan daerah tersebut seperti tutup mata dengan keluhan pelanggan.

Bacaan Lainnya

Devi mengatakan distribusi air bersih di perumahannya dilakukan dua hari sekali, namun jadwal itu dianggap tidak efektif karena sebagian besar rumah pelanggan tidak mendapat air. Bahkan kata Devi, di rumahnya dalam satu bulan air PDAM hanya mengalir beberapa kali.

“Warga kami sudah sering kali mendatangi Kantor PDAM Lematang Enim guna mengeluhkan distribusi air yang tidak maksimal. Tapi hanya diiming-imingi akan diganti pipa induk atau perubahan jalur, tapi eksekusinya tidak ada,” ujar Devi, Selasa (2/8/2022).

Hal ini lanjut Devi sangat merugikan dirinya dan warga lain selaku pelanggan, sebab pelanggan diwajibkan membayar uang beban sebesar Rp35 ribu per bulan, sementara air yang didapat tidak mencapai 10 kubik per bulannya.

“Belum lagi ada denda Rp15 ribu jika bayarnya lewat jatuh tempo. Jadi sebagai pelanggan kita dirugikan, bukannya berlangganan air malah tiap bulan hanya bayar angin,” tukasnya.

Dirinya berharap PDAM Lematang Enim dapat segera merespons keluhan warga dan berupaya agar distribusi air bisa maksimal setiap hari.

“Jadi jangan lagi lah jadwal dua kali sehari. Selain tidak efektif hal ini juga menunjukkan jika PDAM Lematang Enim tidak bisa bekerja maksimal untuk memenuhi kebutuhan pelanggan,” tukasnya.

Hal senada juga disampaikan Jemmy (30), dirinya berharap PDAM dapat mengalirkan air bersih secara rutin setiap hari.

“Harapan kita airnya dapat dialirkan setiap hari, jangan dua hari sekali dengan berbagai alasan. Jika kita sebagai pelanggan dituntut menunaikan kewajiban untuk membayar, PDAM juga kita minta menunaikan kewajibannya untuk memastikan air bersih sampai ke pelanggan,” pungkasnya.

Terpisah, Direktur Tehnik Subroto didampingi Kepala Cabang Muaraenim Irza Rizaldi melalui Kepala Bagian Humas Jhon R saat dikonfirmasi menjelaskan, pihaknya terus berupaya memberikan maksimal kepada pelanggan. Namun dirinya memohon maaf jika pelayanan yang diberikan terasa belum maksimal.

“Kami drari PDAM Lematang Enim sebelumnya mohon maaf atas ketidaknyamanan dengan pendistribusian air saat ini, tapi kami tetap berusaha untuk merealisasikan pelayanan air bersih ke pelanggan semaksimal mungkin,” ujarnya.

Jhon menjelaskan, kendala utama tidak lancarnya distribusi air bersih ke pelanggan di Villa Bougenville Asri ialah karena jaringan yang terpasang tidak berimbang dengan tumbuh pesatnya pembangunan rumah di wilayah tersebut.

“Saat ini pipa yang terpasang diameter 2 inchi, untuk itu kami juga sudah merencanakan melalui bagian terkait untuk penambahan pipa transmisi diameter 6 inchi untuk optimalisasi pengaliran di wilayah tersebut. Sampai dengan saat ini masih dalam proses pengajuan, mudah-mudahan akan secepatnya terealisasi,” papar Jhon.

Sementara terkait penjadwalan distribusi, dirinya mengungkap hal ini dilakukan guna mengoptimalisasikan distribusi air di wilayah tersebut.

“Kita masih memakai penjadwalan agar pada saat pengaliran bisa lebih optimal,” imbuhnya.

Dirinya berharap dengan upaya yang dilakukan pihaknya mengoptimalkan pengaliran ke semua wilayah pelanggan PDAM Lematang Enim.

“Sekali lagi kami mohon dan terima kasih atas maklumnya. Kami juga sangat merespons atas informasi ini dan kalaupun untuk informasi lebih lanjut silahkan berkoordinasi di kantor kita PDAM Lematang Enim,” pungkas Jhon.(**)

Yuk bagikan berita ini...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.