Dirjen PPMD Kemendes Resmikan Pembangunan Embung Air Desa di Mura

Muarabeliti, Sumselupdate.com – Direktur Jendral Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa (Dirjen PPMD), Kementerian Desa, PDT dan Transmigrasi RI Taufik Madjid meresmikan dimulainya pembangunan Embung Air Desa Marga Baru, Kecamatan Muara Lakitan, Kabupaten Mura, Sabtu (19/11) lalu.

Peresmian ditandai dengan peletakan Batu Pertama oleh Dirjen PPMD, Bupati Musi Rawas, H Hendra Gunawan, Direktur Pemberdayaan Masyarakat Desa, Moch Fahri, S.Stp, M.Si dan Tokoh Agama yang sekeligus memimpin pembacaan doa.

Bacaan Lainnya

Dikatakan Dirjen PPMD, Program Embung Air Desa ini menjadi salah satu prioritas di Kementeriannya karena sangat berdampak pada peningkatan produktifitas pertanian dan perkebunan masyarakat serta dapat dijadikan sebagai kolam atau penangkaran ikan.

Diharapkan dengan dibangunnya Embun Air Desa ini dapat dimanfaatkan semaksimal mungkin sehingga dapat meningkatkan perekonomian masyarakat. Tahun ini, Dirjen PPMD telah menggelontorkan Rp900 juta untuk  pembangunan Embung Air di  3(tiga) Desa, yakni Desa Marga Baru, Desa Semangus Lama, dan Bumi Makmur, yang semua desa berada dalam wilayah Kecamatan Muara Lakitan.

Mengakhiri, Dirjen PPMD berjanji jika masih ada sisa anggaran 2017, pihaknya akan menambah jumlah embung di Kabupaten Mura menjadi 5 sampai 7 embung air desa. Tidak hanya itu, pada 2018, pihaknya akan memprioritaskan program untuk diaplikasikan di daerah ini sehingga kabupaten Mura dalam waktu singkat dapat melepaskan status sebagai daerah tertinggal.

Sementara itu, Bupati Musi Rawas, H Hendra Gunawan dalam kesempatan  itu berterima kasih dan  menyambut baik Musi Rawas telah menjadi perhatian Kemendes PDT dan Transmigrasi RI.

Kedepan, Bupati mengharapkan daerah ini dapat terus diperhatikan dan bersama berjuang untuk melepaskan Kabupaten Mura dari status tertinggal yang telah 16 tahun disandang sejak Kota Lubuklinggau menjadi Otonomi Baru.

Dijelaskan Bupati, pihaknya hingga saat ini terus berjuang untuk menghapuskan status daerah tertinggal, dengan  membuat  program-program pro rakyat yang pada akhirnya Musi Rawas menjadi daerah yang Sejahtera, Mandiri, Produktif, Unggul, Religius, Nyaman dan Aman sehingga Musi Rawas Sempurna terwujud.

Mengakhiri sambutannya, Bupati mengharapkan bimbingan, petunjuk dan arahan serta bantuan program dari Dirjen dan Kementerian sehingga Mura dalam waktu sesingkat-singkatnya dapat lepas dari status tertinggal. (ain)

Yuk bagikan berita ini...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.