Dinkes PALI Fasilitasi Swab Test Masyarakat Secara Gratis

Mudakir, Plt Kadinkes PALI

PALI, Sumselupdate.com – Ketika menteri kesehatan telah menetapkan harga tes swab mandiri di Rumah Sakit sebesar Rp 900 ribu per sekali tes, ternyata di kabupaten PALI, khusus untuk masyarakat Bumi Serepat Serasan tidak dipungut biaya alias gratis.

Hal itu dikatakan oleh Mudakir, Plt Kepala Dinas Kesehatan kabupaten PALI saat dijumpai awak media di ruang kerjanya, Selasa (6/10/2020).

Bacaan Lainnya

“Sebenarnya, jika ada masyarakat PALI yang hendak swab test, Dinkes siap memfasilitasi dan masyarakat tidak perlu membayar. Cukup melapor ke pihak kami, kemudian dilakukan swab test. Hasil swab test tersebut akan dikirimkan ke BBLK Palembang atau RSUD Rabbain Muaraenim,” ungkapnya.

Namun, diakuinya masyarakat seperti anti terhadap swab test. Bahkan, pihaknya ada beberapa kali menemukan warga yang kabur karena enggan dilakukan swab test.

“Di PALI, warganya yang tidak mau di-swab test. Masyarakat menghindar untuk di-swab karena takut dikucilkan jika nanti hasilnya terpapar positif Covid-19 dan ditakutkan berimbas pada bisnis warga,” tambahnya.

Terkait swab test mandiri di RSUD Talang Ubi, Mudakir menerangkan belum bisa dilakukan. Hal itu disebabkan lantaran terkendala fasilitas RS yang belum memiliki laboratorium untuk ditempatkan alat PCR, alat pemeriksa swab tes.

“RSUD Talang Ubi belum memiliki fasilitas untuk melakukan swab tes. Karena peralatan serta laboratorium RSUD yang belum memenuhi standar untuk ditempatkan alat PCR,” imbuhnya.

Saat ini pihaknya bersama delapan puskesmas yang ada di kabupaten PALI tengah fokus tracking terhadap warga yang kontak dengan pasien yang terpapar positif Covid-19.

“Sekarang puskesmas juga dibebankan untuk melakukan tracking di wilayah puskesmas itu masing-masing. Selain itu, kami juga gencar sosialisasi dengan melibatkan tenaga kesehatan di puskesmas,” tutupnya. (adj)

Yuk bagikan berita ini...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.