Dinas Perindustrian Palembang Gandeng Angkasa Pura II, Pasarkan Produk IKM di Bandara SMB II, Begini Syaratnya

Kepala Dinas Perindustrian Kota Palembang Novran Hansyah Kurniawan

Palembang, Sumselupdate.com – Guna memperluas jangkauan pemasaran produk Industri Kecil Menengah (IKM), Pemerintah Kota Palembang menyiapkan outlet di Bandara Sultan Mahmud Badaruddin (SMB) II, sehingga khas Palembang tidak dikenal oleh domestik saja tetapi juga wisatawan asing.

Kepala Dinas Perindustrian Kota Palembang Novran Hansyah Kurniawan mengatakan, di Palembang ada ribuan pelaku industri dan untuk membantu mengembangkan usahanya, pihaknya bekerjasama dengan Angkasa Pura (AP) II untuk memanfaatkan ruang di Bandara.

“Produksi IKM sandang dan kerajinan kreatif akan outlet di area keberangkatan yakni, di Rumah Limas dan di kedatangan di dekat area bagasi,” katanya.

Nantinya Dinas Perindustrian akan bekerja sama dengan asosiasi yang akan menentukan berapa IKM yang akan bergabung.

“Nantinya promosi tersebut bisa dari sandang, pangan ataupun logam,” katanya.

Sekarang pihak Angkasa Pura sedang mendesain space untuk promosi tersebut. Progam ini tidak menggunakan dana APBD Kota Palembang.

Pihaknya mengharapkan selama satu tahun itu mendapatkan respon yang positif dan ini upaya untuk promosi kepada wisatawan domestik dan manca negara.

“Nanti IKM yang ikut di program pojok positif ini tidak akan di pungut biaya,” ujarnya.

Untuk lebih mengembangkan IKM, upaya lain yang dilakukan Pemkot, berkomitmen mendorong pelaku industri ini untuk meningkatkan kualitas produk, kemasan dan mengurus perizinan. Hal ini juga agar usaha berdaya saing.

Syarat pembuatan Izin Usaha Industri ini untuk Industri kecil meliputi fotocopy KTP pemohon,  fotocopy NPWP,  foto 3×4 dua lembar, fotocopy akte pendirian perusahaan dan akte perubahan, fotocopy Surat Pernyataan Pengelolaan Lingkungan,  fotocopy surat ijin gangguan persyaratan dibuat dua rangkap.

Pendaftaran melalui loket di Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP).

“Kita dorong agar IKM maju dan kerajinan khas Palembang lebih dikenal lagi,” ujarnya. (Iya)

Yuk bagikan berita ini...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.