Dihantam Puting Beliung, 80 Rumah di Banyuasin Ambruk

Senin, 15 Februari 2016
Salah satu gedung sekolah di Kecamatan Rantau Bayur, Kabupaten Banyuasin atapnya rusak dihantam puting beliung.

Banyuasin, Sumselupdate.com

Warga empat desa di Kecamatan Rantau Bayur, Kabupaten Banyuasin porak poranda, setelah disapu angin puting beliung, Minggu (14/2), sekitar pukul 19.30.

Akibatnya, 80 rumah ambruk termasuk gedung sekolah dan ratusan warga di Desa Tanjung Menang, Kemang Bejalu, Sungai Lilin dan Srijaya yang terkena dampak angin kencang, terpaksa mengungsi karena tempat tinggalnya rusak.

Tidak ada korban jiwa dalam insiden ini, namun sejumlah warga terutama anak-anak masih mengalami trauma akibat kejadian tersebut.

Berdasarkan informasi yang berhasil dihimpun, beberapa hari terakhir hujan lebat terjadi di kawasan Banyuasin.

Pada hari kejadian, hujan lebat turun di kawasan Kecamatan Rantau Bayur sejak pukul 16.00.

Setelah Magrib angin kencang disertai petir semakin menjadi. Suasana di empat desa tersebut mencekam setelah listrik padam dan angin mulai berputar-putar kencang menyapu sejumlah rumah.

“Saya kira akan kiamat, atap rumah melayang, banyak warga yang teriak ‘Allahuakbar-allahuakbar,” kata Abdul (42), warga Tanjung Menang.

Untungnya bencana ini terjadi belum terlalu larut, warga masih banyak yang beraktifitas, masih sempat berlari menyelamatkan diri.

Kepala BPBD dan Kesbang Pol Banyuasin Alileman Arsyad mengatakan bencana alam angin puting beliung, terjadi saat ini yang paling besar dibandingkan tahun-tahun sebelumnya.

“Dari data sementara yang kami peroleh diketuai sebanyak 57 rumah rusak ringan dan 13 rusak berat,” katanya.

Dalam musibah ini, para korban akan mendapat bantuan dari Pemkab Banyuasin sebesar Rp5 juta untuk rusak ringan dan Rp10 juta untuk rusak berat.

Bupati Banyuasin Yan Anton Ferdian mengatakan, pihaknya akan menggunakan dana bantuan bencana alam yang telah disediakan oleh Badan Penanggulangan Bencana Alam Daerah (BPBD) Banyuasin.

Ketua BPBD Banyuasin Alleman Arsyad, sesuai dengan instruksi bupati pihaknya akan mengulurkan bantuan untuk perbaikan bangunan yang rusak berat dianggarkan Rp10 juta per KK dan rusak ringan Rp5 juta. (zis)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.